Peresmian Anggota Baru, Awal Sinergi Asosiasi Kemberin dengan Kemenparekraf

kimberlin

Talkshow bertema “Empowering Trust: Building Strong Partnerships for Sustainable Tourism”. Narasumber talkshow tersebut adalah Direktur Manajemen Industri Kemenparekraf Syaifullah, Chief Executive Officer (CEO) Sriwijaya Captain Ardhana Sitompul, dan CEO Anjani Group R. Julio Aldicar serta dimoderatori oleh Indiansih selaku Wakil Ketua Umum Asosiasi Kemberin. Foto: Kemberin untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Lebih dari 130 anggota baru Asosiasi Kembali Berwisata Indonesia (Kemberin) dari berbagai daerah telah diresmikan, pada Kamis (31/8/2023), di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Peresmian ini dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, yang hadir menyapa secara daring dan tamu undangan lainnya yang hadir secara luring, yaitu Deputi Bidang Pengembangan Destinasi & Infrastruktur Kemenparekraf Hariyanto, Direktur Manajemen Industri Kemenparekraf Syaifullah, Chief Executive Officer (CEO) Sriwijaya Captain Ardhana Sitompul, dan Pimpinan Grand Mercure Jakarta Azwar Mushalin.

Ketua panitia Mamduh Jamaluddin berharap acara ini tidak hanya sekadar seremonial saja, tetapi juga setelahnya mampu dikonversi menjadi kolaborasi, dedikasi, dan semangat bersama.

“Kami menyambut dan meresmikan keanggotaan baru Kemberin dengan harapan acara ini tidak hanya sekadar seremonial saja, tetapi juga setelahnya mampu dikonversi menjadi kolaborasi, dedikasi, dan semangat bersama untuk mewujudkan visi dan misi dalam mendorong perkembangan pariwisata dan ekonomi kreatif yang sejalan dengan program Kemenparekraf,” ujarnya.

Sementara Ketua Umum Asosiasi Kemberin, Sean Richard Bangun memberikan apresiasi untuk anggota baru dari berbagai daerah. Beberapa daerah yang terjauh adalah seperti Yogyakarta, Bali, dan Nusa Tenggara Timur.

“Acara ini bertujuan mempererat dan memperluas silaturahmi antar seluruh anggota Kemberin guna membangun sinergi dan kolaborasi positif, mengenalkan Kemberin beserta program-programnya kepada seluruh anggota Kemberin, dan menyinergikan program Kemenparekraf untuk menggerakkan roda pariwisata Indonesia,” kata dia.

Berdasarkan data yang dimiliki oleh Kemenparekraf, jumlah wisatawan mancanegara saat ini telah mencapai 5,2 juta untuk periode Januari-Juni 2023, dari target 8,5 juta di tahun 2023. Lalu, jumlah wisatawan nusantara saat ini telah mencapai 434 juta untuk periode Januari-Juni 2023, dari target 1,2-1,4 miliar di tahun 2023.

Menparekraf Sandiaga Uno optimistis dapat mencapai target dan membangun kemitraan yang kuat, serta menciptakan ekosistem yang inklusif dan berkelanjutan.

Acara peresmian ini dilengkapi dengan sesi talkshow bertema “Empowering Trust: Building Strong Partnerships for Sustainable Tourism”.

Narasumber talkshow tersebut adalah Direktur Manajemen Industri Kemenparekraf Syaifullah, Chief Executive Officer (CEO) Sriwijaya Captain Ardhana Sitompul, dan CEO Anjani Group R. Julio Aldicar serta dimoderatori oleh Indiansih selaku Wakil Ketua Umum Asosiasi Kemberin.

Terdapat program capacity building sebagai sesi untuk berkenalan dan saling bounding antar peserta atau anggota lain yang jumlahnya ratusan orang dari berbagai daerah. Lalu, diakhiri dengan simbolis peresmian anggota Kemberin dan pengambilan dokumentasi bersama-sama.

Kemberin kembali melanjutkan program roadshow kepada Dinas Pariwisata Provinsi untuk memperkenalkan tentang Kemberin dan menggali peluang kolaborasi atau kerja sama yang bisa dilakukan untuk mendukung kemajuan pariwisata di daerah tersebut. (ibs)

Exit mobile version