Grup PSN Perluas Layanan Kebutuhan Satelit ke Pasar Internasional

Grup PSN Perluas Layanan Kebutuhan Satelit ke Pasar Internasional - psn - www.indopos.co.id

Pembangunan Satelit Nusantara 5 tahap IVT-2 phase test. Foto: Grup PSN

INDOPOS.CO.ID – PT. Satelit Nusantara Lima (SNL) bersama Pemerintah Filipina membahas perkembangan perjanjian layanan kapasitas satelit yang telah disepakati dengan We Are IT Philippines Inc. (WIT) pada akhir tahun 2022.

Perjanjian terkait penggunaan kapasitas satelit Nusantara 5 (N5) di wilayah Filipina ini rencananya diluncurkan pada Desember 2023 dengan target untuk membantu menyediakan koneksi internet berbasis satelit di daerah-daerah terpencil Filipina.

Pertemuan antara Grup Grup Pasifik Satelit Nusantara (PSN) dengan Pemerintah Filipina itu berlangsung di sela-sela rangkaian kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN 2023 di Jakarta pada 5 September 2023 lalu.

Secara khusus, delegasi Filipina yang dipimpin langsung Presiden Ferdinand R. Marcos Jr. menggelar pertemuan dengan Presiden Direktur Grup PSN Adi Rahman Adiwoso dan jajaran direksinya pada kesempatan itu.

Hasil pertemuan itu, di antaranya memperkuat komitmen kerja sama Grup PSN dengan WIT serta memperkuat dukungan Grup PSN kepada Pemerintah Filipina untuk pembangunan infrastruktur satelit guna kepentingan pemerataan konektivitas internet bagi masyarakat Filipina.

Direktur Utama PSN, Adi Rahman Adiwoso mengatakan, kemitraan ini merupakan kebijakan strategis perusahaan dalam rangka memperluas layanan kebutuhan satelit ke pasar internasional.

“Peluang kemitraan dengan Filipina ini merupakan salah satu kebijakan strategis perusahaan dalam memperluas layanan kebutuhan satelit, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di Asia Tenggara,” ujarnya, seperti dikutip, Sabtu (9/9/2023).

PSN juga mengapresiasi Presiden Filipina atas kepercayaan yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan digitalisasi dalam negerinya. Ini menjadi bukti bahwa Grup PSN mampu memenuhi kebutuhan akses internet di kawasan, serta berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi negara-negara ASEAN.

Secretary of Department of Trade and Industry Philippines Alfredo E. Pascual mengatakan, berbagai pertemuan di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 menjadi ajang untuk berbagi ilmu ataupun kolaborasi mengembangkan teknologi di Filipina.

“Kami baru saja bertemu dengan Grup PSN. Grup PSN akan meluncurkan satelit dengan kapasitas besar dan akan menyediakan layanan internet melalui satelit dengan kapasitas hingga 13,5 Gbps bagi Filipina,” kata Pascual dikutip dari Channel YouTube RTVMalacanang.

Selain itu, Chief Executive Officer WIT Joseph P. Maddatu menjelaskan, kemitraan antara WIT dengan Grup PSN merupakan upaya untuk mendorong percepatan digitalisasi di Filipina.

“Teknologi dari satelit sangat sesuai dengan kondisi geografis seperti di Filipina dan Indonesia, sehingga kapasitas 13,5 yang disediakan satelit N5 ini diharapkan dapat membantu mengurangi kesenjangan digital di Filipina,” tuturnya. (rmn)

Exit mobile version