Menkop Teten: Minat Anak Muda Berbisnis Tinggi, Angka Wirausaha Indonesia Rendah

Menkop Teten: Minat Anak Muda Berbisnis Tinggi, Angka Wirausaha Indonesia Rendah - menkop 2 - www.indopos.co.id

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. (Nasuha/ INDOPOS.CO.ID)

INDOPOS.CO.ID – Untuk menjadi pelaku usaha cukup dibutuhkan ide bisnis. Pernyataan tersebut diungkapkan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki di sela-sela pembukaan Indonesia digital meetUp 2023 di Jakarta, Kamis (5/10/2023).

Selanjutnya, menurut dia, melalui ekosistem Smesco ide bisnis tersebut bisa diimplementasikan. Sebab, dari ekosistem Smesco telah tersedia aplikasi digital.

“Bagi pebisnis pemula yang memiliki ide bisa produksi atau menjadi bagian dari produksi bisa dibantu dari produksi, market, hingga bahan baku,” terangnya.

Ia berharap, pelaku entrepreneur muda mampu memproduksi barang sesuai kebutuhan pasar. “Jadi tidak benar berbisnis itu sulit. Karena, 75 persen anak muda ingin berbisnis. Yang sulit itu bagaimana memulainya,” ujarnya.

Menurut dia, rasio wirausaha di Indonesia mencapai 3.47 persen, sementara Singapura mencapai 8.6 persen. Sedangkan Malaysia dan Thailand di atas 4.5 persen.

“Ini tantangan bagi kita. Kan anak muda yang ingin berbisnis tinggi tapi prosentase kenapa rendah? Berarti ini ada masalah,” ungkapnya.

“Jadi dengan program wirausaha mudah ini kita harapkan berwirausaha jadi lebih mudah,” imbuhnya. (nas)

Exit mobile version