Ragam Terobosan Subholding Pelindo Integrasikan Rantai Pasok Logistik

pelindo

Layanan halal logistic dan cold storage di Jakarta. Foto: Ist

INDOPOS.CO.ID – PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) melakukan pembenahan untuk mendukung peningkatan kinerja dan kapasitas, mulai standardisasi layanan operasional, optimalisasi aset hingga digitalisasi.

Direktur Utama SPSL Joko Noerhudha mengatakan, pihaknya berkomitmen mewujudkan integrasi ekosistem dan efisiensi rantai logistik di Tanah Air. Dengan upaya penurunan biaya logistik nasional dan optimalkan layanan halal logistic dan cold storage.

“Tahun ini kami fokus melakukan peningkatan kapasitas pegawai, hingga penerapan digitalisasi. Sehingga secara bertahap mampu masuk ke dalam ekosistem logistik global,” kata Joko Noerhudha dalam keterangannya, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Pasca-merger Pelindo 2 tahun lalu, SPSL telah melakukan integrasi hinterland ke pelabuhan melalui kerjasama dengan para pelaku industri untuk membentuk ekosistem logistik.

Salah satunya melalui pelayanan transportasi logistik multimoda di Kawasan Sumatera Utara, melalui jalur Sei Mangkei – Belawan, Sei Mangkei – Kuala Tanjung dan Kuala Tanjung – Belawan.

Noerhudha memaparkan, salah satu milestone yang telah dicapai subholding PT Pemabuhan Indonesia (Persero) itu ialah keberhasilan pengoperasian Jalan Tol Cibitung Cilincing (JTCC) sepanjang 34,76 Km, yang secara penuh beroperasi pada 1 April 2023.

Pengoperasian JTCC mendukung efektifitas logistik dan dan meningkatkan konektivitas Pelabuhan Tanjung Priok dengan area hinterland atau kawasan industri di timur Jakarta.

Selain itu, perusahaan juga berkontribusi dalam percepatan pembangunan kawasan industri Kuala Tanjung di Sumatera Utara. “Secara pro aktif kami melakukan pemasaran, guna menangkap peluang investasi dan komersialisasi lahan melalui penjajakan kepada beberapa calon mitra,” ucapnya. (dan)

Exit mobile version