Balap Jetski Internasional 2023 di Danau Vulkanik Terbesar Dunia, Ini Jadwalnya

Aqua-Jetski

Konferensi pers ajang balap jetski internasional tahun 2023. Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba ini akan digelar pada 22-26 November 2023. Foto: InJourney

INDOPOS.CO.ID – Indonesia akan menjadi tuan rumah ajang balap jetski internasional tahun 2023. Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba ini akan digelar pada 22-26 November 2023.

Event yang di danau vulkanik terbesar dunia ini akan digelar di 4 kabupaten di sekitar Danau Toba, yakni Karo, Dairi, Samosir dan Toba. Ajang ini akan diikuti sekitar 40 pembalap dari lebih 18 negara, dengan rincian 30 pebalap internasional dan 10 pebalap Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengatakan, ajang ini diyakini dapat menggerakkan roda perekonomian daerah, sekaligus menjadi wadah bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan sayap usahanya menjadi lebih besar.

“Setelah diselenggarakan di 40 negara, sekarang saatnya dunia untuk melihat budaya dan keunikan Toba melalui penyelenggaraan Aquabike Jetski World Championship 2023. Kehadiran event ini memberikan dukungan promosi yang tak terhingga kepada perekonomian Indonesia, khususnya bagi masyarakat sekitar wilayah Danau Toba,” ujar Sandiaga Uno, di Jakarta, Jumat (3/11/2023).

Dukungan untuk ajang ini juga diungkapkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo. Jika mengacu pada Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), maka kegiatan ini upaya untuk membangkitkan sport tourism dan sport entertainment yang menjadi instrumen penting dalam peningkatan ekonomi masyarakat.

“Semoga Indonesia bisa memiliki tim sendiri untuk mengikuti ajang Aquabike Jetski World Championship secara penuh. Sebab, Indonesia memiliki kontrak sebagai tuan rumah selama lima tahun ke depan atau hingga tahun 2027. Ini harus dimanfaatkan untuk pengembangan potensi pebalap nasional,” katanya.

PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney yang merupakan Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung dipercaya menjadi penyelenggara event ini. Hal ini diungkapkan Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo.

“Kami tentunya, melalui InJourney, bersama-sama dengan BUMN lain siap mendukung perhelatan ini,” tegasnya.

Pelaksana harian (Plh.) Sesmenko Kemenko Marves, Odo R. M. Manuhutu mengatakan, Kemenko Marves mendukung penuh InJourney yang saat ini menjadi penyelenggara event Aquabike Jetski World Championship 2023.

“Tujuan utama atas terselenggaranya Aquabike Jetski World Championship adalah melanjutkan legacy & pencapaian lebih baik lagi agar tetap terjadinya konsistensi dalam upaya peningkatan perputaran ekonomi daerah dan juga ketertarikan wisatawan untuk berkunjung ke Danau Toba,” kata Odo.

PJ Gubernur Sumatra Utara, Hasanudin mengatakan, pihaknya melibatkan berbagai lapisan masyarakat untuk dapat menampilkan berbagai macam keragaman dan adat budaya lokal dalam bentuk suguhan penampilan.

“Side event ini diharapkan dapat memberikan pengalaman kultur budaya yang dapat berinteraksi dengan pengunjung. Termasuk UMKM lokal juga dilibatkan untuk mendorong perekonomian lokal sekaligus memperkenalkannya kepada masyarakat internasional,” katanya.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono mengatakan, ajang ini merupakan moment bersejarah karena untuk pertama kalinya Indonesia menyatukan 4 kabupaten besar di Danau Toba dalam satu ajang.

“Sinergi antar sektor, baik pemerintah, BUMN, maupun swasta serta keterlibatan masyarakat secara aktif menjadi kunci kesuksesan event ini,” pungkas Maya. (ibs)

Exit mobile version