Teken Kerja Sama, Imigrasi dan Bank Mandiri Proyeksikan Layanan Digitalisasi Golden Visa

Imigrasi-Bank-Mandiri

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Optimalisasi Layanan digitalisasi di bidang keimigrasian dan perbankan terkait program Golden Visa oleh Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dan Bank Mandiri. Foto: Dok Indopos.co.id/Feris pakpahan.

INDOPOS.CO.ID – Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia bekerja sama dengan Bank Mandiri untuk meningkatkan layanan digitalisasi di bidang keimigrasian dan perbankan, terutama terkait Golden Visa.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Optimalisasi Layanan dilakukan oleh Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham, Silmy Karim, dan Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi, di Jakarta.

“Penandatanganan kesepakatan kerja sama antara Bank Mandiri dan Direktorat Jenderal Imigrasi bertujuan untuk mendukung digitalisasi layanan keimigrasian dan perbankan. Inisiatif ini dimulai setelah arahan dari Bapak Presiden terkait program Golden Visa,” kata Silmy kepada wartawan Rabu (6/12/2023).

Silmy menyatakan bahwa kerja sama ini merupakan bagian dari persiapan infrastruktur sebelum peluncuran resmi Golden Visa pada Februari 2024.

“Tujuannya adalah mempermudah pemohon Golden Visa di luar negeri, mengingat aturan Golden Visa sudah diterbitkan,” ujarnya.

Ia pun menjelaskan bahwa pemilihan Bank Mandiri sebagai mitra proyek percontohan disebabkan oleh aksesibilitas platform Livin’ by Mandiri di 121 negara, termasuk Indonesia.

“Selain itu, Bank Mandiri sebagai BUMN juga dianggap sebagai perpanjangan tangan pemerintah untuk pembangunan negara,” jelasnya.

Menurutnya, kerja sama ini akan memfasilitasi calon pemohon Golden Visa untuk menyimpan dana di bank Indonesia, sesuai salah satu syarat pengajuan visa tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi negara.

“Selain itu, keberadaan Livin’ dianggap penting karena pemegang Golden Visa dapat menginvestasikan dananya di berbagai instrumen keuangan, termasuk obligasi pemerintah dan saham perusahaan terbuka di Indonesia,” kata Silmy.

Senada dikatakan Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi. Ia menyampaikan apresiasinya atas kesempatan kerja sama yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi.

Meskipun Layanan Livin’ by Mandiri sudah dapat diakses di berbagai negara, Bank Mandiri berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan, khususnya untuk mendukung pemohon Golden Visa.

“Bank Mandiri akan menyediakan solusi agar para pemohon dapat dilayani dengan baik, termasuk kemungkinan penggunaan platform Livin’ untuk mendukung berbagai aktivitas pemohon Golden Visa, baik di Indonesia maupun luar negeri dengan transaksi rupiah,” pungkasnya. (fer)

Exit mobile version