Komitmen Accor Jakarta Tingkatkan UMKM Batik Melalui Karnaval Batik Nusantara

Komitmen Accor Jakarta Tingkatkan UMKM Batik Melalui Karnaval Batik Nusantara - membatik - www.indopos.co.id

Momen pelatihan membatik yang dilakukan Accor Greater Jakarta Hotels di Kantor Indopos.co.id dan Indoposco di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta. (Indopos.do.id/Iswanto)

INDOPOS.CO.ID – Accor Greater Jakarta Hotels memberdayakan pelaku usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) di bidang batik. Dengan menampilkan batik khas wilayah Jakarta dan menggelar pelatihan (workshop) membatik di Kantor Indopos.co.id dan Indoposco di Jalan Raya Kebayoran Lama, Grogol Utara, Jakarta Selatan, pada Rabu (13/12/2023).

Sejumlah karyawan Indopos.co.id dan Indoposco bersama perwakilan dari Accor Greater Jakarta Hotels mengikuti, pelatihan membatik dengan teknik tulisan tangan menggunakan canting dan malam.

General Manager Grand Mercure Jakarta Kemayoran Lalu Aswadi Jaya mengatakan, kegiatan pelatihan membatik digelar maraton selama satu bulan terakhir. Mereka telah mendatangi sejumlah media massa, termasuk kantor Indopos.co.id dan Indoposco.

“Jadi ide tahun ini memang dikemas dari Grater Jakarta, kita inisiasi bersama. Kita lakukan media visit, sekaligus kolaborasi dengan UMKM dengan membawakan tema membatik,” kata Jaya saat berbincang dengan tim Indopos.co.id dan Indoposco di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan dikutip, Kamis (14/12/2023).

Melalui kegiatan tersebut diharap salah satu warisan budaya Indonesia itu terangkat dan makin mempunyai nilai ekonomi. Bahkan pihaknya memberikan penawaran menarik berupa paket batik bagi tamu hotel.

“Jadi kita coba ekspose, dan itu salah satu bentuk kontribusi kami dari Accord Hotel bahwa kami juga memperhatikan UMKM, kemudian juga dalam promo kita ada yang memang relevan dengan batik tersebut,” ujar Jaya.

General Manager Mercure Jakarta Gatot Subroto Koko Baskoro mengatakan, kegiatan tersebut seraya memanfaatkan momentum Hari Batik yang jatuh setiap bulan Oktober. Berkolaborasi dengan para UMKM batik.

“Kita ingin menerapkan atau menyediakan para UMKN itu sebagai jembatan untuk menaikan produk mereka, kemudian awareness produk mereka. Tentu kita mendapatkan sustainability action,” jelas Koko dalam kesempatan yang sama.

Kegiatan tersebut disebut Karnaval Batik Nusantara. Seluruh hotel di bawah naungan Accor Jakarta beraktivitas dengan nuansa batik, serta memasang ornamen batik.

“Kita mengangkat batik-batik dari Betawi, Marunda, Koja, ada lagi Tanah Abang, Pluit. Itu kita naikan supaya mereka punya produk bisa dikenal,” imbuh Koko.

Pimpinan Indopos.co.id dan Indoposco yang hadir dalam acara pelatihan membatik ialah, Direktur Operasional Riza Awaluddin. Serta ada Manager Iklan Vera Yuningsih bersama timnya Nindy Ramhanisa.

Sementara Accor Greater Jakarta Hotels yang hadir antara lain, Grand Mercure Jakarta Kemayoran, Mercure Jakarta Gatot Subroto, Mercure Jakarta Simatupang, Ibis Budget Jakarta Cikini, dan Ibis Styles Bogor Pajajaran. (dan)

Exit mobile version