Vegetasi Budidaya Lebah Madu, PHE ONWJ Tanam Seribu Pohon

madu

Sedikitnya 30 pelajar Sekolah Dasar (SD) Negeri Cemara Kulon, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat turut berpartisipasi dalam kegiatan menanam 1.020 bibit pohon Mangrove dan Cemara Laut di bantaran sungai Desa Cemara Kulon, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu, Kamis (18/1/2024). Ribuan bibit pohon ini merupakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ). Foto: PHE ONWJ

INDOPOS.CO.ID – Sedikitnya 30 pelajar Sekolah Dasar (SD) Negeri Cemara Kulon, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat turut berpartisipasi dalam kegiatan menanam 1.020 bibit pohon Mangrove dan Cemara Laut di bantaran sungai Desa Cemara Kulon, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu, Kamis (18/1/2024).

Selain mendapatkan edukasi mengenai pentingnya Mangrove bagi kelangsungan ekosistem sungai dan pantai, para pelajar juga diajak mencintai lingkungan sejak usia dini.

Ribuan bibit pohon ini merupakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ).

Dalam kegiatan tersebut, para pelajar diajarkan cara menanam bibit mangrove dan cemara laut yang benar. Mereka juga diberikan pemahaman mengenai pentingnya mangrove sebagai pelindung pantai dari abrasi.

Kepala Desa Cemara Kulon Sudarno mengatakan, penanaman mangrove ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas lingkungan di desa tersebut.

“Kami berharap, dengan adanya penanaman mangrove ini, bisa mengurangi abrasi dan pencemaran di sungai,” ucap dia.

Head of Communication, Relations & CID PHE ONWJ R. Ery Ridwan melalui Community Development Officer PHE ONWJ Hanafi menuturkan penanaman ini merupakan kolaborasi dan inisiatif perusahaan dengan pemerintah desa.

“Pemerintah Desa Cemara Kulon melalui Kelompok Tani Hutan (KTH) sedang mengembangkan program budidaya lebah madu. Bibit pohon yang ditanam diharapkan dapat menjadi vegetasi untuk budidaya lebah madu dan sekaligus memperkuat bantaran sungai. Akar mangrove diharapkan juga dapat berfungsi sebagai semacam tanggul di masa mendatang,” jelasnya.

PHE ONWJ berharap ke depan program budidaya lebah madu ini bisa memberikan manfaat secara ekonomi untuk masyarakat sekitar.

“Kami percaya, melalui kegiatan ini, bukan hanya tumbuhnya ribuan pohon, tetapi juga kesadaran lingkungan yang tumbuh bersama generasi muda. Penanaman ini adalah investasi kita untuk masa depan, di mana anak-anak menjadi penjaga ekosistem sungai dan pantai yang berkelanjutan,” ujar Hanafi.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak, antara lain Kelompok KTH Taman Cemara Kulon, Pemdes Desa Cemara Kulon, Dishut Indramayu, Dishut Jabar, PPHH IX, Pendamping Kehutanan, PHE ONWJ, pelajar SD Negeri Cemara Kulon, dan Guru SD Negeri Cemara Kulon.(ibs)

Exit mobile version