DSC Season 14 : Wirausaha Muda Berkarakter, Lahirkan Bisnis Berkelanjutan

DSC

Ketua Dewan Komisioner DSC Surjanto Yasaputera (kedua dari kiri) bersama pengusaha muda Yoel Tristan (tengah) memberikan keterangan pers saat Final Diplomat Success Challenge (DSC) Season 14 di Jakarta. Foto: Indopos.co.id / Dhika Alam Noor

INDOPOS.CO.ID – Final dari Diplomat Success Challenge (DSC) Season 14 menandai tonggak penting dalam ekosistem kewirausahaan. FI+/FUEL, makanan sehat dari Bandung bisnis milik pemuda bernama Yoel Tristan berhasil menyabet kategori ‘Best of the Best’.

Ketua Dewan Komisioner DSC Surjanto Yasaputera mengatakan, usaha tersebut mempunyai kualitas pengusaha muda yang berkarakter. Konsep bisnis makanan sehat dengan guilty pleasure, selaras dengan kepedulian masyarakat modern terhadap pilihan lebih sehat.

“Gagasan tentang komposisi makanan sehat sebanyak 75 persen-80 persen ditambah sedikit guilty pleasure, yaitu ayam goreng yang terdapat didalamnya benar-benar menjadikan FI+/FUEL menarik dan ditunggu-tunggu di pasar,” kata Surjanto di Jakarta, Jumat (26/1/2024).

Yoel Tristan mengaku sudah tujuh kali mengalami kegagalan ketika menjadi seorang entrepreneur. Sehingga ketika mempunyai bisnis FI+/FUEL, besar keinginan untuk belajar pada para mentor yang sudah ahli.

“Saya ingin belajar lebih jauh lagi dengan para mentor, terutama untuk sustainability bisnis saya” ujar Tristan.

Saat ini, Tristan tengah merumuskan pengembangan bisnisnya terkait hibah dana yang didapatkan untuk FI+/FUEL. Beberapa pilihan sudah dikantongi, namun masih dalam tahap diskusi untuk mematangkannya.

Dewan Komisioner DSC Helmi Yahya turut merasa bangga dan mengapresiasi seluruh pemenang DSC season 14. Tidak hanya ragam bisnis yang sangat bervariasi namun terdapat unsur sosial dan berkelanjutan.

“DSC bukan tentang siapa yang menang dan kalah, tetapi yang berhasil mengambil manfaat paling banyak dari berjejaring dan bertemu dengan mentor-mentor hebat,” ujar Helmi Yahya secara terpisah dalam keterangannya.

Diplomat Success Challenge merupakan program kompetisi kewirausahaan, memberikan kesempatan kepada kaum muda Indonesia. Terlebih bagi mereka yang berani berwirausaha untuk memperoleh hibah modal usaha total Rp 2,5 miliar pendampingan serta edukasi. (dan)

Exit mobile version