PHE OSES Serahkan Mesin Duplikator kepada Warga di Pulau Kelapa Dua Kepulauan Seribu

ip

PT Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatera (PHE OSES) bersama perwakilan masyarakat Pulau Kelapa Dua, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta melakukan acara serah terima bantuan mesin duplikator lure, Jumat (1/3/2024). Foto: PHE OSES

INDOPOS.CO.ID – PT Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatera (PHE OSES) bersama perwakilan masyarakat Pulau Kelapa Dua, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta melakukan acara serah terima bantuan mesin duplikator lure, pada Jumat (1/3/2024).

Kegiatan ini merupakan salah satu dari program pemberdayaan masyarakat PHE OSES di wilayah Kepulauan Seribu yang menyasar ke nelayan.

Lure digunakan sebagai alat pancing cumi oleh nelayan di Pulau Kelapa Dua. Untuk menghemat waktu pembuatannya, PHE OSES memberikan alat duplikator yang berfungsi untuk membuat Lure lebih banyak dalam waktu yang cukup singkat. Selain sebagai alat pancing, Lure dijadikan hiasan berupa gantungan kunci atau tempelan magnet bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Kelapa Dua.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kepulauan Seribu ,
Rita Sri Lestari menyampaikan alat duplikator ini diharapkan memberikan manfaat lebih bagi para nelayan.

“Selain sebagai alat tangkap, diharapkan pembuatan lure ini dapat meningkatkan ekonomi nelayan dari sisi pariwisata dengan penjualan Lure sebagai cenderamata khas Kepulauan Seribu,” ucapnya.

Head of Communication, Relation & CID PHE OSES Indra Darmawan mengatakan, operator migas yang berlokasi di wilayah perairan Kepulauan Seribu ini akan terus bekerja sama dengan Sudin KPKP untuk program yang berhubungan dengan nelayan.

“Kita memiliki program antara lain Nelayan Tangguh dan Palu Gada yang menyasar nelayan, baik nelayan tangkap maupun nelayan budidaya di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Sinergitas yang dibangun oleh PHE OSES dengan Sudin KPKP ini merupakan komitmen bersama untuk mendukung peningkatan ekonomi masyarakat nelayan melalui program-program yang dijalankan serta mendukung pemerintah dalam pencapaian SDG’s yaitu poin 1 pengentasan kemiskinan; poin 8 pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi; serta poin 14 terkait ekosistem laut,” tuturnya.

PT PHE OSES merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang tergabung dalam Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina, bersama dengan PHE ONWJ, dan Pertamina EP Jawa Barat. Area kerja PHE OSES terletak di Provinsi DKI Jakarta, Banten, Lampung, dan Bangka Belitung. (srv)

Exit mobile version