Dukung Pemerintah, Gerakan Dauri Tumbuhkan Sadar Peduli Lingkungan

hokben

Hokben Peduli lingkungan. (Nasuha/ INDOPOS.CO.ID)

INDOPOS.CO.ID – Di bulan Ramadan ini, HokBen meluncurkan sebuah program kepedulian lingkungan dalam campaign DAURI (Daur Untuk Negeri). Tujuan gerakan berkelanjutan ini untuk menjaga kelestarian lingkungan.

“Kami mengajak para pelanggan untuk peduli menyetor kembali ‘kemasan minuman, makanan, dan alat alat makan satu kali pakai,” ujar Direktur Marketing PT Eka Bogainti Sugiri Willim di Jakarta, Rabu (13/3/2024).

Menurut dia, kemasan minuman, makanan, dan alat alat makan satu kali pakai tersebut kemudian akan didaur ulang menjadi barang yang dapat digunakan kembali oleh masyarakat.

“Gerakan DAURI akan dilaksanakan di 100 restoran HokBen yang tersebar di Indonesia,” bebernya.

Ia menjelaskan, getarkan ini dimulai melalui pendekatan inovatif mengatasi permasalahan sampah, terutama yang dibuat dari bahan polimer dan aluminium (PolyAl). Semua kemasan karton bekas minum yang terkumpul akan dipilah dan dikirim ke pabrik daur ulang.

“Melalui Gerakan DAURI, kami ingin menumbuhkan kebiasaan penanganan dan pengelolaan sampah yang berkelanjutan kepada pelanggan kami,” ujarnya.

“Ini merupakan kontribusi nyata kami dalam mendukung upaya pemerintah mengurangi sampah,” imbuhnya.

Lebih jauh ia mengungkapkan, kegiatan peduli lingkungan ini bukan pertama kali. Sebelumnya berkolaborasi dengan Boolet, Hokben mengolah sampah sumpit sekali pakai menjadi barang rumah tangga yang ramah lingkungan dan berkualitas.

“Pada 2023 lalu, kami telah berhasil mengumpulkan lebih dari 6 ton limbah sumpit sekali pakai dari outlet Hokben di Jabodetabek. Artinya lebih dari 1.500 pohon telah berhasil diselamatkan dari ditebang untuk digunakan sebagai bahan baku sumpit,” terangnya.

“Selain itu, lebih dari 6 m3 area di tempat pembuangan akhir (TPA) dibebaskan dari penggunaan dan mengurangi gas methane yang dihasilkan,” imbuhnya.

Ia menyebut, hasil upcycle dari limbah tersebut sebanyak lebih dari 2 ton dalam bentuk dudukan handphone, tatakan gelas, magnet kulkas, dan juga dekorasi dinding panel. Diketahui, pada Ramadan tahun ini, Hokben juga menghadirkan empat Paket Bento Ramadan.

Di antaranya Bento Ramadan 1, dengan menu yang tersedia yaitu Beef Teriyaki, Kaarage Umakara, Tsumire Soup, Nasi, Salad dan Teh Botol Sosro dengan harga Rp 70.000,-/nett, Bento Ramadan 2, terdiri dari Chicken Teriyaki, Curry Minche Ball, Tsumire Soup, Nasi dan Salad serta Teh Botol Sosro, dengan harga Rp 58.000,-/nett

Lalu, Bento Ramadan 3, terdiri dari Butter Miso Beef, Egg Chicken Roll, Tsumire Soup, Nasi dan Salad serta Teh Botol Sosro, dengan harga Rp 70.000,-/nett dan Bento Ramadan 4, terdiri dari Chicken Katsu, Tori Ball, Creamy Ebi Korokke, Tsumire Soup, Nasi dan Salad serta Teh Botol Sosro dengan harga Rp 58.000,-/nett. (nas)

Exit mobile version