Ramadan 2024, Ninja Xpress Perkuat Dukungan Kepada UKM untuk Optimalkan Penjualan Melalui Ekosistem Pengiriman dan Pemasaran

UMKM-vol-4

(Dari kiri Ke Kanan) Maulana Abdul Aziz Brand Owner Madu Herbal, Ribka Pratiwi Head of Marketing Ninja Xpress, Muhammad Fathi Brand owner dari Royalflakes. Foto: Deni Firmansyah/Indopos.co.id.

INDOPOS.CO.ID – Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, bulan Ramadan menjadi momen yang dinantikan oleh mayoritas masyarakat, baik dalam aspek spiritualitas maupun aspek lainnya dari sisi peluang bisnis dan ekonomi. Seperti survei dari The Trade Desk mengungkapkan antusiasme tinggi masyarakat Indonesia saat bulan Ramadan, setidaknya satu dari tiga masyarakat Indonesia atau 32% nya akan berbelanja lebih banyak pada Ramadan ini.

Berdasarkan Suara UKM Negeri vol 4, seluk beluk social commerce di Indonesia, 48% UKM mengatakan mereka menemukan target potensial melalui social media. Merespon tren peningkatan permintaan belanja online tersebut dan penggunaan social media dalam meningkatkan penjualan, Ninja Xpress perkuat dukungan kepada Usaha Kecil Menengah UKM khususnya social-commerce atau UKM yang berjualan menggunakan facebook, instagram, hingga whatsapp, melalui ekosistem yang terintegrasi untuk membantu pertumbuhan UKM selama bulan Ramadan.

Oleh karena itu, melalui integrasi berbagai fasilitas unggulan yang dapat digunakan oleh UKM, mulai dari fasilitas Ninja Fulfillment, Kegiatan Aksilerasi, hingga foto dan video produk dengan tematik khusus Ramadan. Ninja Xpress memberikan solusi terpadu bagi UKM untuk mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang selama bulan Ramadan.

Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer Ninja Xpress mengatakan, “Ekosistem pengiriman dan pemasaran ini bertujuan untuk memberikan dukungan yang komprehensif bagi teman-teman UKM dalam mengatasi tantangan yang dihadapi selama bulan Ramadan, serta memanfaatkan peluang pertumbuhan yang ada.”

Beberapa tantangan yang dihadapi seperti tantangan dalam pemasaran. Dalam hal ini diperlukan strategi untuk menarik perhatian calon pembeli dimana dapat dilakukan dengan dengan skema reseller yang dapat dimaksimalkan melalui program Aksilerasi dimana Ninja Xpress akan mempertemukan UKM dengan calon reseller bisnisnya. Hal lain yang dapat dilakukan yaitu Ninja Xpress Photo dan video produk dengan tema spesial Ramadan untuk menarik lebih banyak calon pembeli. Selain itu, tantangan pergudangan muncul karena peningkatan pembelian, mengharuskan persiapan yang matang dalam pergudangan dan pengiriman. Dalam hal ini, Ninja Fulfillment dapat menjadi salah satu opsi yang dapat dipertimbangkan, yaitu sebagai tempat penyimpanan barangnya dan selama Ramadan, seluruh UKM Ninja Xpress dapat menikmati fasilitas 1 bulan storage gratis untuk Ninja Fulfillment.

Sementara itu, tantangan lainnya dalam pengiriman seringkali mengakibatkan keterlambatan sampai barang, sehingga Ninja Xpress hadir dengan solusi pengiriman tepat waktu yang terintegrasi dari penjemputan hingga pengiriman. Tantangan lainnya termasuk meningkatnya biaya promosi selama Ramadhan, Ninja Xpress bekerja sama dengan Sellercraft menawarkan solusi melalui layanan dengan memberikan promo satu bulan pemakaian agar shipper bisa mengatur penjualan dari berbagai platform dan cashback khusus selama bulan Ramadan.

Salah satu tantangan yaitu dalam manajemen inventaris dan pengiriman produk dengan tepat waktu merupakan salah satu hal yang diakui dirasakan oleh pelaku usaha saat bulan Ramadan tiba, seperti yang dirasakan oleh Maulana Abdul Aziz brand owner dari Madu Herbal, madu herbal sehat untuk keluarga Indonesia, “Salah satu tantangan yang kami hadapi adalah tempat penyimpanan yang harus ditambah saat permintaan bertambah. Kami sangat mengapresiasi upaya Ninja Xpress dalam menyediakan solusi yang terintegrasi. Ini membantu kami mempersiapkan persediaan dan menjalankan bisnis kami dengan lebih efisien selama bulan Ramadan.”

Selain itu, UKM juga menghadapi tantangan dalam menjalin kemitraan strategis dengan penyedia layanan logistik yang dapat mendukung pertumbuhan bisnis mereka. Hal ini dirasakan oleh Muhammad Fathi brand owner dari Royalflakes, Superfood bubur instan dari umbi Garut, “Kami membutuhkan kemitraan yang solid dengan penyedia logistik yang dapat menyediakan layanan pengiriman yang cepat dan dapat diandalkan. Ninja Xpress memberikan solusi yang lengkap dan membantu kami dalam mencapai tujuan kami selama bulan Ramadan ini.”

Dengan Ekosistem Pengiriman dan Pemasaran, Ninja Xpress memperkuat komitmennya dalam mendukung pertumbuhan UKM di Indonesia tidak hanya selama bulan Ramadan, tetapi untuk seterusnya.

Ramadan Bulan Berkah: Tingkatkan Pemasukan Lewat Ninja Door

Selain UKM, Ninja Xpress juga membuka kesempatan mendapatkan lebih banyak cuan bagi individual ataupun bisnis melalui Ninja Door. Ninja Door merupakan program referral yang memberikan keuntungan dan komisi yang menarik, dengan membuka kesempatan bagi individu untuk menjadi bagian dari Ninja Door, Ninja Xpress tidak hanya memperluas jangkauan layanan pengiriman, tetapi juga memberikan kesempatan kepada siapapun untuk meningkatkan pemasukan mereka dengan cara yang mudah dan menguntungkan.

Setiap referral berhasil merekomendasikan Ninja Xpress kepada pelaku usaha atau UKM baru, ia akan mendapatkan komisi. Komisi ini dihitung dari jumlah pengiriman yang dilakukan oleh UKM baru yang direkomendasikan. (srv)

Exit mobile version