Jelang Lebaran 2024, Pengelola Bandara Soetta Tingkatkan Sejumlah Fasilitas

soetta

Area Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang Banten. (Feris Pakpahan/INDOPOS.CO.ID)

INDOPOS.CO.ID – Pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) terus meningkatkan berbagai fasilitas penunjang menjelang masa angkutan mudik Lebaran 2024, termasuk antisipasi terhadap gangguan kelistrikan.

Senior Manager of Branch Communication dan Legal M Holik Muardi mengatakan dalam rangka peningkatan pelayanan dan keandalan sistem selama masa mudik Lebaran 2024, pihaknya telah melakukan serangkaian pengujian keandalan jaringan kelistrikan.

“Ini termasuk sistem cadangan di Terminal 1, 2, 3, dan beberapa gedung kerja KCU Bandara Soekarno-Hatta pada tanggal 27 dan 28 Maret. Pengujian ini dilakukan untuk memastikan keandalan pasokan listrik dan ketangguhan sistem kelistrikan menghadapi peningkatan pergerakan selama masa angkutan Lebaran,” katanya dalam keterangan, Kamis (28/3/2024).

Menurutnya, dengan melakukan pengujian sistem kelistrikan secara menyeluruh, potensi masalah dapat diidentifikasi dan memastikan bahwa operasi serta waktu respons dari cadangan catu daya siap untuk menangani situasi darurat dengan cepat dan efisien.

“Pengujian ini mencakup pemadaman listrik selama (-/+) 15 detik dan tes on load genset (-/+) 30 menit dalam 2 sesi pengujian,” ujarnya.

Ia menjelaskan, langkah ini diambil untuk menguji kesiapan dan keandalan sistem cadangan dalam mengatasi situasi darurat serta memastikan bahwa operasi bandara dapat berjalan tanpa gangguan.

“Pengujian jaringan kelistrikan untuk sesi pertama dilakukan pada 27 Maret mulai pukul 23.15 hingga 24.00 WIB dengan menggunakan power station 2 beserta genset utama power station 2,” jelas dia.

Sedangkan untuk sesi kedua, dilakukan pada 28 Maret mulai pukul 01.15 hingga 02.00 WIB menggunakan power station 3 dan genset utama power station 3.

Sebelumnya, dilakukan pemadaman listrik selama (-/+) 15 detik untuk menghindari kekhawatiran penumpang di terminal dengan memberikan pemberitahuan sebanyak tiga kali di Terminal 1, 2, dan 3.

Bagian dari layanan kami untuk memastikan operasional yang aman dan lancar selama masa angkutan Lebaran 2024 adalah dengan menjalankan serangkaian pengujian menyeluruh terhadap sistem kelistrikan di bandara” kata dia.

Ia pun menambahkan, selama periode angkutan Lebaran, manajemen KCU Bandara Soetta berkomitmen untuk terus meningkatkan standar layanan dan keselamatan bagi semua pengguna jasa di bandara.

Keandalan sistem kelistrikan sangat penting dalam mendukung operasional bandara, terutama selama periode dengan tingkat lalu lintas yang tinggi seperti Lebaran. Oleh karena itu, pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan infrastruktur dan proses operasional.

“Kami yakin bahwa dengan melakukan pengujian ini, kami dapat menyediakan pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman bagi semua penumpang yang menggunakan Bandara Internasional Soekarno-Hatta selama musim angkutan Lebaran,” pungkas Holik. (fer)

Exit mobile version