Saham di BEI Kembali Reborn, Dirut Bank Banten Sebut Ini Penyebabnya

Muhammad-Busthami

Direktur Utama (Dirut) Bank Banten Muhammad Busthami (Dok Asbanda)

INDOPOS.CO.ID – Saham Bank Banten terus mengalami kenaikan atau Rebound dari semula yang mencapai Rp26 naik ke harga Rp33 pada perdagangan 24 April 2024. Hal tersebut terjadi pada sesi perdagangan saham di papan pemantauan khusus, dengan jumlah yang ditransaksikan di sesi pertama sebanyak 19,49 juta saham, dengan frekuensi 139 kali, dan nilai transaksi sebesar Rp643 juta.

Direktur Utama (Dirut) Bank Banten Muhammad Busthami lewat pernyataan persnya yang diterima Kamis (25/4/2024) menyatakan bahwa pergerakan perdagangan saham BEKS di Bursa Efek Indonesia (BEI) menunjukkan respons pasar yang positif terhadap perbaikan kinerja keuangan dan perubahan status hukum Bank Banten menjadi BUMD serta terdapatnya dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Banten kepada Bank Banten.

“Investor pasti berharap Bank Banten segera tumbuh menjadi semakin kuat dan besar, seiring waktu. Apalagi Bank Banten telah membuat sejarah baru dengan menciptakan laba usaha setelah sejak berdirinya di tahun 2016 hingga akhir tahun 2022 terus menderita kerugian,” ujar Dirut Bank Banten.

Dikatakan, berdasarkan Laporan Keuangan Audited tahun 2023, Kinerja Bank Banten telah mengalami perbaikan yang cukup signifikan, dengan mencatatkan laba bersih sebesar Rp26,59 Milyar. Ratio- ratio keuangan juga meningkat bahkan beberapa di antaranya di atas ketentuan dari Regulator, di antaranya Ratio CAR 44,72%, NIM 4,05%, BOPO 95,15%, LDR 98,98%, NPL Net 1,09%.

“Ada pencapaian laba bersih sebesar Rp26.59 milyar di akhir tahun 2023 dan ini merupakan prestasi dan menjawab bahwa Bank Banten dalam kondisi sehat yang siap menjadi tuan di rumahnya sendiri,” ujarnya.

Pemilik gelar MBA dari International Universitas of Japan ini mengatakan saat ini potensi bisnis yang besar di Provinsi Banten dan dukungan kuat dari Pemerintah Provinsi Banten sebagai Pemegang Saham Pengendali (PSP) serta kerja keras dan komitmen manajemen melakukan perbaikan telah menciptakan harapan pada pertumbuhan Bank Banten.

“Apalagi dengan telah ditetapkannya Bank Banten sebagai BUMD telah jadi pemicu dan pendorong semakin meningkatnya kepercayaan masyarakat dan ini membuat investor semakin percaya hingga harga saham Bank Banten di pasar juga meningkat,” kata mantan Executive Director Bank Mandiri (Europe) Ltd, London ini.

Dia menyatakan Bank Banten terus berkomitmen untuk selalu meningkatkan kepercayaan serta memenuhi harapan seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan, sesuai nilai-nilai Budaya Perusahaan, yaitu TRUST (Think different, Reliable, Universe, Sustainable, Track) yang berorientasi kepada kepuasan nasabah. (wib)

Exit mobile version