INDOPOS.CO.ID – Livia Natalya sukses menjadi konten creator. Wanita tangguh kelahiran Singkawang, 10 April 1999 memulai karirnya sebagai student exchange. Perjalanan Livia menuju dunia konten dimulai pada pertengahan 2019 saat ia menerima tawaran job endorse melalui Direct Message (DM) di Instagram.
“Saat itu, aku sering berbagi cerita tentang kuliah di Korea di Universitas Solbridge, mulai dari kegiatan sehari-hari, tips untuk bisa exchange, hingga outfit harian. Followers-ku naik banyak dari situ,” kenang Livia dalam keterangan, Kamis (8/8/2024).
Selama berada di Korea, Livia tidak hanya fokus pada studinya tetapi juga aktif membagikan pengalamannya menjelajahi berbagai tempat menarik di Korea. “Aku sering posting tentang jalan-jalan ke tempat seru di Korea, dan itu membuat banyak followers tertarik,” ungkapnya.
Dari sinilah tawaran kerjasama dari berbagai brand mulai berdatangan, membuka peluang baginya untuk terjun lebih dalam ke dunia content creator. Awal mula Livia bisa mengikuti program student exchange ke Korea bermula dari inisiatifnya mendaftar program pertukaran pelajar yang diselenggarakan oleh BINUS.
“Aku ikut seleksi dan interview, akhirnya lolos untuk pertukaran pelajar. Aku juga menjadi BINUS STAR (Student Transnational Ambassador) sebagai perwakilan Indonesia tahun 2019,” ungkap Livia.
Di sana, ia belajar banyak tentang lingkungan, makanan, dan budaya Korea serta berteman dengan mahasiswa dari berbagai negara. Sebagai perwakilan Indonesia, Livia tidak hanya belajar tentang budaya Korea tetapi juga memperkenalkan budaya Indonesia kepada teman-temannya di Solbridge International School of Business.
“Aku merasa bangga bisa memperkenalkan budaya kita ke teman-teman dari berbagai negara,” katanya.
Setelah kembali dari Korea dan menyelesaikan kuliahnya di BINUS dengan gelar di bidang International Business Management pada 2021, Livia semakin fokus untuk menjadi content creator.
“Menurutku, di era digital sekarang, menjadi content creator adalah peluang yang bagus dan menjanjikan,” ujar Livia.
Ia pun menerima banyak tawaran kerjasama dengan berbagai brand fashion dan produk kecantikan. Kerja keras dan konsistensi Livia berbuah manis. Hingga saat ini, ia telah bekerja sama dengan ratusan brand sejak pertengahan 2019 hingga sekarang.
Followers-nya pun sudah mencapai ratusan ribu di Instagram dan TikTok dengan akun @Livianatalya. Livia aktif membuat konten yang kreatif dan menarik, membangun engagement yang kuat dengan pengikutnya.
Untuk mengatur waktu membuat konten, Livia selalu membuat jadwal kegiatan yang teratur. “Biasanya aku bikin jadwal kegiatan untuk visit atau ngonten produk. Misalnya, hari ini buat ide konten dan skrip, lalu besoknya take konten dan ngedit. Jadi, konten-konten yang aku buat terkelola dengan rapi,” jelasnya.
Livia juga membagikan tips bagi mereka yang ingin menjadi content creator. “Buat konten seniat mungkin, yang kalian suka, dengan enjoy dan konsisten. Ke depannya pasti akan ada perkembangan terus, mulai dari followers, engagement naik, dan tawaran brand juga pasti akan berdatangan kalau konten kamu menarik,” sarannya.
Prinsip hidup yang dipegang oleh Livia juga menjadi kunci suksesnya. “Apa yang diinginkan, perlu dicoba dan diusahakan dulu. Jangan takut gagal dan jangan banyak mengeluh. Dengan niat, usaha, dan melibatkan Tuhan dalam segala hal, pasti akan berjalan dengan baik sesuai rencana Tuhan,” ungkapnya.
“Bersyukur, jalani, dan semangat selalu. Itu yang aku pegang,” imbuhnya dengan senyum.
(ibs)