Cegah Serangan Jantung, Ubahlah Gaya Hidup Anda

Serangan jantung

Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID – Penyakit jantung adalah penyebab kematian nomor satu  di Amerika Serikat. Stroke adalah penyebab kematian nomor 5 di Amerika Serikat.
Salah satu kontributor terbesar penyakit jantung adalah kurangnya komitmen untuk gaya hidup sehat. Gaya hidup Anda bukan hanya pertahanan terbaik Anda terhadap penyakit jantung dan stroke, tetapi juga tanggung jawab Anda.
Seperti dilansir heart.org, dengan mengikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini, Anda dapat mengurangi semua faktor risiko   penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.
1. Berhenti Merokok
Jika Anda merokok, berhentilah. Jika seseorang di rumah Anda merokok, dorong mereka untuk berhenti. Ini memang berat. Tetapi lebih sulit untuk pulih dari serangan jantung atau stroke atau hidup dengan penyakit jantung kronis. Berkomitmenlah  untuk berhenti.
2. Pilih Nutrisi yang Baik
Diet sehat adalah salah satu senjata terbaik yang Anda miliki untuk melawan penyakit kardiovaskular. Makanan yang Anda makan (dan jumlahnya) dapat mempengaruhi faktor risiko lain yang dapat dikontrol: kolesterol, tekanan darah, diabetes, dan kelebihan berat badan.
Pilih makanan kaya nutrisi,  yang memiliki vitamin, mineral, serat, dan nutrisi lain tetapi lebih rendah kalori,  daripada makanan yang miskin nutrisi. Pilih diet yang menekankan asupan sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian; termasuk produk susu rendah lemak, unggas, ikan, kacang-kacangan, minyak nabati nontropis, dan kacang-kacangan; dan membatasi asupan makanan manis, minuman manis, dan daging merah. Dan untuk menjaga berat badan yang sehat, selaraskan  diet Anda dengan tingkat aktivitas fisik Anda sehingga Anda menggunakan kalori sebanyak yang Anda konsumsi.
3. Pelajari Cara Makan yang Sehat .
Lemak yang bersarang di arteri Anda adalah bencana yang menunggu untuk terjadi. Cepat atau lambat bisa memicu serangan jantung atau stroke. Anda harus mengurangi asupan lemak jenuh, lemak trans dan kolesterol dan mulai bergerak.
4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Ini adalah faktor risiko utama untuk stroke penyebab utama kecacatan di Amerika Serikat. Pemulihan stroke paling sulit dan Anda bisa cacat seumur hidup. Minum obat Anda seperti yang direkomendasikan oleh dokter Anda dan mulailah bergerak.
5. Aktif secara Fisik Setiap Hari
Aktif secara fisik setiap hari. Penelitian telah menunjukkan bahwa setidaknya 150 menit per minggu aktivitas fisik intensitas sedang dapat membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol dan menjaga berat badan Anda pada tingkat yang sehat.
Jika Anda tidak aktif sekarang, mulailah dengan pelan-pelan.  Bahkan aktivitas fisik  beberapa menit pada suatu waktu dapat bermanfaat bagi kesehatan. Studi menunjukkan bahwa orang-orang yang telah mencapai tingkat kebugaran sedang, jauh lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal lebih awal daripada mereka yang tingkat kebugarannya rendah.
Obesitas sangat lazim di Amerika, tidak hanya untuk orang dewasa tetapi juga untuk anak-anak. Fat diet dan suplemen bukanlah jawabannya. Nutrisi yang baik, mengontrol asupan kalori dan aktivitas fisik adalah satu-satunya cara untuk menjaga berat badan yang sehat.
Obesitas menempatkan Anda pada risiko kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi dan resistensi insulin, prekursor diabetes tipe 2, faktor yang sangat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Indeks Massa Tubuh atau Body Mass Index  (BMI) Anda dapat membantu memberi tahu Anda apakah berat badan Anda sehat.
6. Mengurangi Stres
Beberapa penelitian telah mencatat hubungan antara risiko penyakit jantung koroner  dan stres dalam kehidupan seseorang yang dapat mempengaruhi faktor risiko penyakit jantung dan stroke . Misalnya, orang yang sedang stres mungkin makan berlebihan, mulai merokok, atau merokok lebih banyak daripada yang seharusnya. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa reaksi stres pada orang dewasa muda memprediksi risiko tekanan darah pada usia paruh baya.
7. Batasi Alkohol
Minum terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan tekanan darah, meningkatkan kardiomiopati, stroke, kanker, dan penyakit lainnya. Ini dapat berkontribusi pada trigliserida tinggi dan menghasilkan detak jantung yang tidak teratur. Konsumsi alkohol yang berlebihan berkontribusi pada obesitas, alkoholisme, bunuh diri, dan kecelakaan.
Namun, ada efek kardioprotektif dari konsumsi alkohol moderat. Jika Anda minum, batasi konsumsi alkohol Anda tidak lebih dari dua gelas per hari untuk pria dan tidak lebih dari satu gelas per hari untuk wanita. (dam)
Exit mobile version