Pentingnya Deteksi Dini Kesehatan

Siloam Hospitals

siloam

'Indonesia Wellness & Health Tourism Expo 2022' yang dihelat di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Siloam Hospitals melalui unit Rumah Sakit (RS) Siloam Semanggi, RS Siloam Kebon Jeruk, Siloam Hospitals TB Simatupang dan Siloam Hospitals Lippo Village, mengingatkan kembali edukasi akan pentingnya deteksi dini kesehatan. Foto: Istimewa

INDOPOS.CO.ID – Siloam Hospitals menekankan pentingnya deteksi dini kesehatan agar masyarakat senantiasa sehat dan optimal dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Pada kegiatan ‘Indonesia Wellness & Health Tourism Expo 2022’ yang dihelat di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Siloam Hospitals melalui unit Rumah Sakit (RS) Siloam Semanggi, RS Siloam Kebon Jeruk, Siloam Hospitals TB Simatupang dan Siloam Hospitals Lippo Village, mengingatkan kembali edukasi akan pentingnya deteksi dini kesehatan.

“Deteksi dini menentukan langkah pencegahan. Deteksi dini termasuk melengkapi perjalanan wisata pun sebagai antisipasi yang akan erat kaitannya dengan perawatan, pengobatan bahkan tingkat kesembuhan,” ujar dr. Pectra Wahjoepramono Sp.BS, B.med.Sci (Hons) F.I.C.S, dari Siloam Hospitals Lippo Village kepada media melalui keterangan tertulis, Rabu (16/3/2022).

Dicontohkannya, aneurisma yang adalah suatu area yang membengkak dan lemah pada otak dan ‘kelainan’ pada otak ini (data) didapati pada 5 persen manusia. Jika pecah, aneurisma dapat menyebabkan pendarahan internal, stroke dan fatalnya sering berujung pada kematian.

Sementara, Sport Cardiologi, menjadi tema presentasi dokter spesialis Jantung Pembuluh Darah, I Made Sakta Suryaguna dari Siloam Hospital Tb. Simatupang.

“Pada saat beraktifitas fisik atau juga berolahraga, tubuh, badan dan organ manusia akan merespon dengan dua kemungkinan, respon adaptif dan respon maladaptif,” tutur dr. Made Sakta.

Adapun pentingnya deteksi dini, lingkup teknologi turut memegang andil, itu termasuk pada pengembangan lingkup wisata kesehatan. Pada kesempatan ‘Indonesia Wellness&Health Tourism Expo 2022, dr. Hapsari Indrawati Sp.KN (K), dokter spesialis Kedokteran Nuklir dan Konsultan dari RS Siloam Semanggi pun mempresentasikan akan ‘Modern Imaging in Cancer’, yang secara umum merupakan perkembangan teknologi guna mengetahui, mengenal dan mengobati penyakit kanker melalui teknologi MRI, PET, CT hingga teknologi sebelumnya melalui X Ray.

“Data menunjukan peningkatan signifikan penderita kanker di seluruh dunia. Untuk pria, kanker prostat dan wanita kanker payudara masih dengan presentasi tertinggi. Ketahuilah, ada keunikan tersendiri pada setiap kanker, layaknya sidik jari pada manusia. Dalam pemeriksaan, terapi, menentukan hasil adalah keharusan yang pada perawatan pasien kanker pasti akan melibatkan tim seperti kemotherapy, radiasi bahkan pembedahan,” beber dr. Hapsari Indrawati Sp.KN(K), Dokter Spesialis Kedokteran Nuklir yang berpraktek tetap di MRCCC Siloam Semanggi dan Tb Simatupang.

Adapun dalam pemindaian partikel nuklir dikenal dengan hasil CT yang akan mendapatlan bentuk dan PET yang akan mengalisis fungsi serta PETCT yang akan menggabungkan image bentuk dan fungsi yang pada keseluruhan itu guna menegakkan diagnosis terbaik. (rmn)

Exit mobile version