Jumat, 29 September 2023
No Result
View All Result
www.indopos.co.id
  • Home
  • Politik
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Gaya Hidup
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Koran
  • Index
www.indopos.co.id
  • Home
  • Politik
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Gaya Hidup
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Koran
  • Index
No Result
View All Result
www.indopos.co.id
No Result
View All Result
Home Gaya Hidup

Sambut Ramadan, Konsumen Indonesia Pilih Bersihkan Rumah dan Persiapkan Stok Makanan

Survei Populix

Redaktur Ali Rachman
Selasa, 29 Maret 2022 - 13:40
di kanal Gaya Hidup
Survei Populix

Survei Populix

Share on FacebookShare on Twitter

INDOPOS.CO.ID – Populix membagikan hasil survei berjudul “Embracing Ramadan 2022” yang membahas seputar perilaku konsumen Indonesia dalam menyambut bulan suci Ramadan 1443 H. Survei dilakukan pada tanggal 1-9 Maret 2022 terhadap 1.492 responden berusia 18-55 tahun di Indonesia.

“Menjelang bulan Ramadan, banyak masyarakat dan pelaku bisnis yang berlomba untuk memanfaatkan momentum tersebut sebagai peluang bisnis. Melalui survei Embracing Ramadan 2022 yang kami lakukan baru-baru ini, kami menyoroti beberapa perilaku konsumen dalam menyambut bulan suci penuh kemenangan, hingga preferensi mereka dalam mempersiapkan menu berbuka puasa. Menariknya, peluang bisnis musiman ini tidak hanya berpotensi di kalangan masyarakat Muslim tetapi juga masyarakat non-Muslim. Kami berharap survei ini dapat menginspirasi masyarakat yang ingin mencari peluang bisnis, serta para pelaku bisnis yang tengah merumuskan strategi bisnis di bulan Ramadan tahun ini,” kata Chief Executive Officer, Populix, Timothy Astandu dalam keterangan tertulisnya, Selasa (29/3).

BacaJuga

Putri Ariani Juara 4 AGT 2023, Simon Cowell Tetap Beri Sanjungan

Tingkatkan Kesadaran dan Kewaspadaan terhadap Penyakit Kanker

Persiapan konsumen menjelang bulan Ramadan

Sebelum memasuki bulan Ramdan, sebanyak 70 persen responden Muslim mengatakan mereka memilih untuk membersihkan rumah, sementara 66% responden mengatakan mereka akan mempersiapkan stok makanan dan 47 persen memilih untuk mempersiapkan stok minuman. Terdapat juga 43 persen responden yang membeli pakaian baru dan 30 persen responden yang membeli perlengkapan sholat untuk menyambut bulan Ramadan.

Mayoritas responden juga telah menyediakan anggaran hingga 25-50 persen lebih besar dibandingkan bulan biasa. Menariknya, survei menunjukkan bahwa responden laki-laki cenderung bersedia mengeluarkan anggaran lebih besar dibandingkan perempuan untuk menyambut bulan Ramadan.

Preferensi menu berbuka puasa

Dalam mempersiapkan menu berbuka puasa, 72 persen responden mengatakan sebagian disiapkan oleh diri sendiri maupun anggota keluarganya dan sebagian lainnya dibeli dari pedagang terdekat di sekitar rumah atau kantor mereka (71 persen), bazaar Ramadan (52 persen), teman/tetangga/keluarga yang menjual menu berbuka puasa (44 persen), maupun aplikasi pesan makanan online (25 persen).

Gorengan (74 persen), kolak (72 persen), dan hidangan utama (65 persen) merupakan menu makanan paling diminati responden beragama Muslim untuk berbuka puasa. Sementara itu, air mineral (72 persen) dan teh (70 persen) merupakan jenis minuman yang paling banyak dipilih responden untuk menemani mereka berbuka puasa.

Survei “Embracing Ramdan 2022” juga memperlihatkan merek air mineral, teh dalam kemasan, hingga pilihan gerai untuk membeli teh kekinian yang paling disukai responden, baik responden Muslim maupun non-Muslim.

Perilaku konsumen non-Muslim di bulan Ramadan

Selain responden Muslim, survei menunjukkan bahwa responden yang beragama non-Muslim juga turut menunjukkan ketertarikan dalam berburu hidangan berbuka puasa. Sebanyak 51 persen responden mengatakan selalu ikut menikmati hidangan berbuka puasa dan 46 persen responden mengatakan kadang-kadang menikmati hidangan berbuka puasa.

Kolak (72 persen), gorengan (62 persen), dan kue tradisional (51 persen) menjadi menu makanan paling dicari, sementara aneka jus (53 persen), es cendol (51 persen), dan air kelapa (48 persen) merupakan minuman paling diburu responden non-Muslim.

Sama seperti responden Muslim, responden non-Muslim juga berbelanja makanan dan minuman yang identik dengan bulan Ramadan tersebut dari pedagang di sekitar rumah atau kantor mereka, bazaar Ramadan, teman/tetangga/keluarga yang menjual menu berbuka puasa, atau aplikasi pesan makanan online. (rmn)

Tags: Konsumenmakananmembersihkan rumahpopulixRamadansurvei
ShareTweetSendShareSend

MIXADVERT JASAPRO

Related Posts

midea
Ekonomi

Midea Indonesia Kenalkan Produk Mesin Cuci Sesuai Kebutuhan Konsumen

Selasa, 19 September 2023 - 22:32
sevaa
Ekonomi

SEVA Ajak Konsumen Berikan Perlindungan Kendaraan Sekaligus Kesehatan dari Asuransi Astra

Minggu, 6 Agustus 2023 - 16:09
Survei Pilpres 2024
Politik

Ipsos Public Affairs: Bakal Cawapres Tentukan Kemenangan

Selasa, 18 Juli 2023 - 18:20
pks
Politik

Hasil Survei Tembus 3 Besar, Presiden PKS: Tak Berpuas Diri Layani Masyarakat

Minggu, 16 Juli 2023 - 12:55
uni charm
Ekonomi

PT Uni-Charm Indonesia Masuk ke Market Personal Care Wipe, Jawab Ketidakpuasan Konsumen

Rabu, 12 Juli 2023 - 23:24
Kejaksaan Agung Kembali Raih Kepercayaan Publik
Nasional

Kejaksaan Agung Kembali Raih Kepercayaan Publik

Senin, 3 Juli 2023 - 11:04
Load More

Populer hari ini

Hak Jawab Ardian Leonardo soal Pemberitaan Lokalisasi Prostitusi

Hak Jawab Ardian Leonardo soal Pemberitaan Lokalisasi Prostitusi

Kamis, 28 September 2023 - 08:56
Kinerja Bank Banten Melorot, Dirut Dituding Asyik Liburan ke London

Kinerja Bank Banten Melorot, Dirut Dituding Asyik Liburan ke London

Rabu, 27 September 2023 - 19:38
Biosaka-Jilid-II

Petani Semakin Antusias dan Diuntungkan, Kementan Bakal Rilis Biosaka Jilid II ?

Selasa, 26 September 2023 - 17:45
amin

Pasangan AMIN Jadi Saksi Nikah Pernikahan Putri Habib Rizieq

Rabu, 27 September 2023 - 23:39
Bunga-bunga Bermekaran dalam Narasi Simbolik

Bunga-bunga Bermekaran dalam Narasi Simbolik

Jumat, 22 September 2023 - 12:57

E-Paper

Koran Indoposco Edisi 27 September 2023 - Screenshot 2023 09 27 at 12.59.53 AM - www.indopos.co.id
koran indoposco

Koran Indoposco Edisi 27 September 2023

Redaktur gimbal
Rabu, 27 September 2023 - 01:05
Koran Indoposco Edisi 22 September 2023 - Screenshot 2023 09 21 at 11.55.04 PM - www.indopos.co.id
koran indoposco

Koran Indoposco Edisi 22 September 2023

Redaktur gimbal
Jumat, 22 September 2023 - 00:12
Koran Indoposco Edisi 19 September 2023 - Screenshot 2023 09 19 at 12.58.22 AM - www.indopos.co.id
koran indoposco

Koran Indoposco Edisi 19 September 2023

Redaktur gimbal
Selasa, 19 September 2023 - 01:21
www.indopos.co.id | indoposco.id

Copyright © 2023.

www.indopos.co.id | indoposco.id

  • Redaksi
  • Iklan
  • Pedoman Media Siber
  • Standar Perlindungan Wartawan

Follow Us

No Result
View All Result
  • Home
  • Politik
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Gaya Hidup
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Koran
  • Index

Copyright © 2023.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist