Gorengan dan Kolak, Menu Makanan Paling Diminati Masyarakat saat Puasa

takjil

INDOPOS.CO.ID – Sebagian besar masyarakat Muslim menyiapkan menu berbuka puasanya sendiri. Sementara ada yang berburu takjil di lingkungan tempat tinggalnya dan pesan melalui aplikasi online.

Hal itu berdasar data platform survey konsumen, Populix yang membagikan hasil survei berjudul “Embracing Ramadan 2022” yang membahas perilaku konsumen Indonesia dalam menyambut bulan suci Ramadan 1443H.

Survei tersebut dilakukan pada tanggal 1-9 Maret 2022 terhadap 1.492 responden berusia 18-55 tahun di Indonesia. Adapun persentase jumlah orang yang menghidangkan menu buka puasanya sendiri cukup tinggi.

Sebanyak 72 persen responden mengatakan sebagian disiapkan diri sendiri maupun anggota keluarganya. Sebagian lainnya dibeli dari pedagang terdekat di sekitar rumah atau kantor mereka 71 persen.

Sementara ada yang berbelanja di bazaar Ramadan 52 persen, teman/tetangga/keluarga yang menjual menu berbuka puasa 44 persen, maupun aplikasi pesan makanan online 25 persen.

“Gorengan (74 persen), kolak (72 persem), dan hidangan utama (65 persen) merupakan menu makanan paling diminati responden beragama Muslim untuk berbuka puasa,” tulis data Populix dalam keterangannya diterima, Sabtu (2/4/2022).

Sementara itu, air mineral 72 persen dan teh 70 persen merupakan jenis minuman yang paling banyak dipilih responden untuk menemani mereka berbuka puasa.

Sama seperti responden Muslim, responden non-Muslim juga berbelanja makanan dan minuman yang identik dengan bulan Ramadan tersebut dari pedagang di sekitar rumah atau kantor mereka, bazaar Ramadan, teman/tetangga/keluarga yang menjual menu berbuka puasa atau aplikasi pesan makanan online.

Menu yang dicari konsumen selama bulan puasa seperti kolak 72 persen, gorengan 62 persen, dan kue tradisional 51 persen. Adapun minumannya seperti aneka jus 53 persen, es cendol 51 persen, dan air kelapa 48 persen. (dan)

Exit mobile version