Begini Tips Agar Badan Tidak Lemas selama Puasa

Buka Puasa bersama

Ilustrasi ibadah puasa. Foto: Shutterstock.com

INDOPOS.CO.ID – Ahli Gizi Universitas Airlangga (UNAIR) Lailatul Muniroh memberikan tips agar tubuh tidak lemas selama menjalani puasa Ramadan. Ada beberapa hal yang dianjurkan, seperti mengatur pola tidur dan berolahraga.

Ia meminta usahakan tidur malam lebih awal dan tidur siang 30-60 menit saja. Selain itu, sebaiknya tetap aktif olahraga. Sementara yang dihindari saat berbuka maupun sahur adalah makan yang berlebihan dan cepat.

“Olahraganya sederhana saja, tidak perlu dalam intensitas yang tinggi. cukup seperti berjalan kaki, jogging, atau bersepeda. Waktu idealnya bisa dilakukan sebelum berbuka atau setelah berbuka puasa,’’ kata Lailatul dalam laman resmi UNAIR dilihat, Sabtu (9/4/2022).

Olahraga teratur membuat tubuh tetap bisa fit. Tips lainnya, minum yang cukup agar terhidrasi dengan baik. Cara mencukupi cairan dan mengembalikan elektrolit yang hilang selama puasa itu mudah, yaitu dengan pola 2-4-2.

“Pembagiannya itu dua gelas saat berbuka, empat gelas saat makan malam, dan dua gelas saat sahur,’’ ujar Lailatul.

Pilihan minumannya seperti air kelapa, teh manis, madu dan jus buah. “Minuman yang memiliki rasa manis memang dapat membantu mengembalikan energi tubuh sehingga tidak lemas,’’ imbuhnya.

Makanan dan minuman manis yang dimaksudnya tidak menggunakan pemanis buatan dan bukan dalam jumlah yang banyak.

Ia menerangkan, cairan tersebut bisa didapatkan dari sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung air atau bisa juga dalam bentuk infuse water.

“Saya sendiri tidak terlalu sering mengkonsumsi infuse water, karena lebih suka mengkonsumsi buah secara langsung,” tuturnya.(dan)

Exit mobile version