Lima Jenis Ikan untuk Menu Buka Puasa Tanpa Digoreng

Ikan Salmon

Ilustrasi potongan ikan salmon. Foto: Ist

INDOPOS.CO.ID – Sebagian besar masyarakat suka makan ikan. Banyak nutrisi yang memberikan manfaat kesehatan tubuh. Olahannya, mulai digoreng, dibakar, ditumis dan lainnya. Bahkan menjadi menu favorit saat buka puasa dan sahur.

Namun, tidak semua cara memasak bisa mempertahankan nutrisi dalam ikan. Ikan yang digoreng justru tidak bagus untuk kesehatan. Karena selama penggorengan, menyerap lemak dari minyak sehingga meningkatkan jumlah kalori.

Dosen Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Universitas Airlangga (UNAIR) Dwitha Nirmala memberikan, alternatif olahan ikan tanpa harus digoreng. Seperti dimasak dengan cara dikukus dan sup.

Adapun menu olahan ikan yang tidak digoreng seperti ikan kukus saus tiram, tim ikan jahe, sup kepala ikan bening, dan kembung kukus kuah asam.

Dwitha menyebut beberapa jenis ikan yang baik dikonsumsi tanpa harus digoreng saat bulan puasa yaitu ikan sarden, ikan salmon, ikan makarel, ikan tenggiri, dan ikan tuna.

“Ikan tuna mudah didapat dalam bentuk kaleng ataupun ikan segar, untuk mengonsumsinya hindari tuna sirip kuning dikarenakan kandungan merkurinya tinggi sehingga tidak baik untuk kesehatan,” kata dosen pengampu mata kuliah Kimia Pangan itu dalam laman resmi UNAIR dilihat, Sabtu (16/4/2022).

Ia menambahkan, olahan ikan tanpa digoreng bisa menggunakan ikan segar maupun ikan beku. Keduanya sama baiknya, termasuk kandungan nutrisinya. Serta memberikan keuntungan bagi kesehatan.

“Kelemahan ikan beku yang dimasak, bumbunya tidak menyerap dengan baik. Rasanya jadi kurang lezat,” nilainya. (dan)

Exit mobile version