Baca Novel Islami Paling Disukai Masyarakat Mengisi Waktu Puasa

membaca

Ilustrasi membaca buku. Dok: Cabaca

INDOPOS.CO.ID – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menunggu berbuka puasa, meskipun hanya di rumah saja. Seperti berkebun, memasak, membaca buku, menonton film ataupun bermain gim.

Ramadan tahun 2022 masih dilakukan di tengah pandemi Covid-19, meski sejumlah aktivitas sudah dilonggarkan. Namun sebagian masih mencari dan menemukan hobi baru, khususnya mengisi waktu berpuasa.

Menurut survei yang dilakukan aplikasi survei online, Jakpat bersam platform penerbitan digital Cabaca dari 236 reponden, 80,51 persen memilih membaca buku sebagai kegiatan untuk mengisi waktu berpuasa.

Diikuti oleh kegiatan membuka media sosial, streaming film atau YouTube, menulis, hingga
streaming musik. Hasil survei yang dilakukan tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar menyukai cerita islami.

“69,49 persen responden menyukai membaca novel atau cerita islami selama Ramadan dan sebesar 30,51 persen tidak menyukai membaca novel atau cerita islami,” tulis Cabaca dalam keterangannya, Sabtu (23/4/2022).

Para responden berpendapat alasan mereka tidak menyukai karena mulai dari belum menemukan cerita yang pas, lebih menikmati konten islami melalui video, lebih menyukai genre romance, hingga lebih menyukai genre lainnya.

Sedangkan, bagi yang menyukai novel atau cerita islami mengakui bahwa membaca novel atau cerita islami bukan hanya karena bulan Ramadan saja.

“Menurut responden novel genre islami bisa dinikmati kapan pun, tidak terbatas waktu jika dikemas lebih menarik untuk dibaca,” imbuhnya. (dan)

Exit mobile version