Tips Bawa Hewan Peliharaan saat Mudik Lebaran Agar Tidak Stres

Kucing

Kucing peliharaan. (Dokumentasi pribadi)

INDOPOS.CO.ID – Selama masa mudik Lebaran 2022 banyak rumah kosong ditinggalkan pemiliknya. Tak mau hewan peliharaan mereka kesepian di rumah, pemudik terkadang membawanya ke kampung halaman.

Namun, sama halnya seperti manusia, hewan dapat mengalami kelelahan dan stres selama perjalanan berlangsung. Karenanya, ada beberapa hal harus diperhatikan membawa hewan peliharaan saat mudik.

Praktisi klinik Universitas Airlangga (Unair) Triganita Intan Solikhah menjelaskan, bahwa hewan yang mengalami stres dalam perjalanan akan mengalami beberapa gejala.

“Gejalanya, yaitu diare, mual, muntah, pipis sembarangan, hingga lemas,” kata Intan dalam laman resmi UNAIR dilihat, Selasa (26/4/2022).

Ia memberikan beberapa tips yang dapat digunakan oleh pemudik, untuk dapat mengurangi stres pada hewan peliharaan. Pemudik disarankan memilih mudik malam hari.

Untuk menghindari kondisi panas yang membuat hewan gelisah dan tidak nyaman, maka pemudik dapat memilih perjalanan malam hari. “Karena, kucing sensitif pada suhu di siang hari,” terangnya.

Semakin lama perjalanan, berpotensi membuat kondisi tubuh semakin lelah dan stres. Karena itu, pemudik harus memberikan jeda istirahat bagi dirinya maupun hewan yang dibawa.

“Solusi mengatasi stres, yaitu dengan maksimal perjalanan 2 jam. Kemudian, diistirahatkan di tempat yang nyaman,” ujar Intan.

Selain itu, berikanlah kenyamanan dan handling yang tepat pada hewan. Maka pengiriman lewat kargo dapat menjadi solusi.

“Hewan juga dapat dikirimkan menggunakan layanan kargo khusus hewan. Baik itu lewat udara maupun darat,” ucap Intan.(dan)

Exit mobile version