5 Destinasi Wisata Anti-Mainstream di Pulau Sumbawa

5 Destinasi Wisata Anti-Mainstream di Pulau Sumbawa - air terjun mata jitu - www.indopos.co.id

Air Terjun Mata Jitu. Foto: Capture Instagram

INDOPOS.CO.ID – Bosan berwisata ke tempat-tempat atau wilayah yang itu-itu saja? Cobalah untuk mengunjungi Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, eksotis alamnya yang masih asri dan alami akan jadi petualangan atau liburan menyenangkan serta menarik untuk dikunjungi. Jika Anda berencana untuk berangkat menuju Pulau Sumbawa menggunakan pesawat, maka Sriwijaya Air bisa jadi pilihan transportasi yang tepat dengan harga terbaik.

Sebab, selain memiliki rute menuju Pulau Sumbawa dari berbagai kota besar, harga yang ditawarkan untuk penerbangan ke Pulau Sumbawa pun juga relatif murah. Apalagi jika Anda memesan tiket penerbangan melalui aplikasi Traveloka, akan ada banyak promo juga diskon menarik yang pastinya sayang untuk dilewatkan.

Nah, apa saja destinasi wisata di Pulau Sumbawa? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Pulau Kenawa
Pulau Sumbawa terkenal dengan wisata lautnya yang masih jernih, alami, berpasir putih, dengan aneka ragam batu karang yang cantik nan memesona. Apabila Anda salah satu penggemar olahraga air seperti diving maka sebaiknya jangan lewatkan berkunjung ke Pulau Kenawa.

Ini merupakan pulau tak berpenghuni dan punya padang rumput savana yang begitu terkenal dengan keindahannya. Anda bisa juga mendaki sebuah bukit di tengah pulau ini yang hanya memakan waktu 10 menit. Setelah itu Anda akan melihat panorama Pulau Kanawa yang luar biasa dari ketinggian bukit tersebut.

Masuk Pulau Kenawa, Anda perlu menyiapkan uang Rp 50 ribu untuk bisa menikmati keindahan savana, pantai pasir putih, dan air lautnya yang biru kehijauan jernih. Pulau Kanawa berlokasi di Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat, NTB.

2. Pulau Paserang
Pemandangan di Pulau Paserang tak kalah eksotis dari Pulau Kenawa. Di sini, Anda bisa melihat keindahan Pulau Paserang dari ketinggian dengan trekking ke puncak bukti. Ada dua jalur yang disediakan pengelola setempat yakni jalur trekking barat dan timur. Apabila Anda memilih jalur trekking barat maka Anda akan bisa menikmati pemandangan Gunung Rinjani, namun jika memilih trekking dari jalur timur maka pemandangan yang bisa memanjakan mata Anda berupa lautan biru yang sangat eksotis.

Tak perlu khawatir dengan fasilitas wisatawan yang ada di Pulau Paserang, di sini sudah tersedia toilet, penerangan, dan saung untuk beristirahat. Anda juga bisa berenang sekaligus snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut di pulau ini. Anda tak dipungut biaya alias gratis jika ingin mengunjungi Pulau Paserang.

Namun, untuk bisa sampai di Pulau Paserang Anda harus menyewa kapal seharga Rp500 ribu untuk kapasitas 10 orang. Pulau Paserang berlokasi di Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

3. Pantai Maluk
Pantai Maluk bisa jadi destinasi ketiga yang dapat dikunjungi ketika menginjakkan kaki ke Pulau Sumbawa. Pantai Maluk bisa dikatakan sebagai salah satu ‘surga’ bagi para peselancar. Sebab, ombaknya yang besar dan dikenal sebagai salah satu tempat berselancar paling baik sedunia.

Ombak di sini punya sebutan ‘Super Suck’ karena bisa terpecah hingga ke daratan. Tak hanya berselancar, di pulau ini Anda tentu bisa bermain dengan santai di pasir pantai yang putih dan menunggu hingga matahari terbenam. Pasti akan jadi pengalaman yang tak terlupakan. Namun, Anda perlu sedikit berusaha jika ingin ke Pantai Maluk, karena posisi yang lumayan terpencil, tepatnya ada di Distrik Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat.

4. Gili Bedil
Gili Bedil juga tak kalah indah untuk dikunjungi. Gili Bedil memiliki pesona yang akan menyihir pengunjung untuk singgah berlama-lama di Gili Bedil. Hamparan pasir putihnya yang lembut, air lautnya yang jernih dan pohon kelapa pinggir pantai jadi salah satu daya tarik Gili Bedil.

Tak hanya menikmati pemandangan pantai yang eksotis, namun Anda juga bisa melakukan ragam aktivitas seperti berenang, snorkeling, diving untuk mengintip keindahan dalam lautnya yang menakjubkan. Oleh karena itu, maka tak heran jika Gili Bedil jadi salah satu destinasi favorit para wisatawan.

Selain itu, Gili Bedil juga kerap dijadikan sebagai lokasi transit para wisatawan yang hendak menuju ke Pulau Komodo atau Pulau Moyo. Gili Bedil berlokasi di Labuhan Bajo, Kecamatan Utan, Sumbawa.

5. Air Terjun Mata Jitu
Apabila Anda sudah puas menjelajah pantai dan bukit yang ada di Pulau Sumbawa, maka Air Terjun Mata Jitu dapat dijadikan sebagai destinasi penutup sebelum pulang. Bahkan, tempat ini kabarnya pernah dikunjungi Putri Diana, salah satu anggota keluarga kerajaan Inggris dan terpesona dengan keindahannya.

Selain itu, di Air Terjun Mata Jitu juga terdapat empat undak-undakan dan stalaktit hingga stalagmit dengan bentuk beragam yang menghiasi permukaan dinding air terjun yang pastinya menambah kecantikan pesona Air Terjun Mata Jitu tersebut.

Meski begitu, Air Terjun Mata Jitu berada di tempat yang cukup terpencil yakni di balik Hutan Pulau Moyo dan berada di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Itu tadi lima destinasi wisata di Pulau Sumbawa, NTB. Selain memesan tiket penerbangan melalui Traveloka, Anda juga bisa memesan penginapan melalui aplikasi tersebut. Pastinya lebih praktis, aman dan cepat. Sudah siapkah Anda berlibur ke Pulau Sumbawa? (ibs)

Exit mobile version