Empat Tips Menikmati Kopi yang Baik bagi Kesehatan

kopi

Ilustrasi minuman kopi. Foto: Istimewa

INDOPOS.CO.ID – Minum kopi sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian masyarakat Indonesia. Bahkan dapat memberi semangat ketika menjalankan aktivitas. Namun, harus memerhatikan beberapa aspek agar tidak membahayakan kesehatan.

Ada beberapa cara menikmati kopi yang baik bagi kesehatan. Tips tersebut seperti disampaikan Anomali Coffee dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/5). Pertama, hindari minum kopi setelah bangun tidur.

Tidak sedikit orang mengonsumsi kopi, setelah bangun dari tidur. Hal tersebut dilalukan dengan tujuan agar tubuh cepat terjaga beraktivitas. Namun, hal itu tidur tidak disarankan karena bisa memengaruhi kesehatan.

“Minum kopi setelah bangun tidur dapat meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh yang akan berakibat pada meningkatnya stres dan kecemasan,” tulisnya.

Sebaiknya, minum air putih yang cukup setelah bangun tidur, serta berikan jeda sekitar satu sampai dua jam jika ingin meminum kopi. Sehingga peran kafein dalam tubuh akan bekerja optimal.

Tips kedua, pilih biji kopi berkualitas. Biji kopi berkualitas tentu menghasilkan cita rasa kopi yang nikmat. Jangan sembarang pilih, biji kopi dengan kualitas baik memiliki aroma khas, serta warna dan fisik yang sempurna.

Tips ketiga, kurangi penggunaan gula. Kopi merupakan minuman yang sehat, jika tidak ditambahkan gula berlebih. Gula identik dengan penyakit serius seperti obesitas dan diabetes.

“Mengurangi penggunaan gula sangat dianjurkan ketika meminum kopi,” ujarnya.

Keempat, ketahui takaran kopi tepat. Minum kopi juga harus dengan takaran tepat. Asupan kafein yang berlebihan bisa mengurangi manfaatnya secara keseluruhan serta menimbulkan efek samping yang dapat merugikan tubuh.

“Menghindari hal tersebut, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi kafein tidak lebih dari 1,1 mg per pon (2,5mg per kg) berat badan setiap harinya,” imbuhnya. (dan)

Exit mobile version