Evolusi Transplantasi Rambut Pertama di Indonesia

Hair transplant

dr Nilam Permatasari, Sp.BP-RE, Hair Restoration Plastic Surgeon (kiri) memberikan keterangan soal transpalantasi rambut saat acara The 1ast Robotic Hair Transplant In Indonesia dari The Clinic Beautylosophy. Foto: Istimewa

INDOPOS.CO.ID – Kebotakan dan penipisan rambut merupakan persoalan yang dialami setiap orang. Risiko kebotakan dipengaruhi banyak faktor seperti keturunan, hormon, gaya hidup, fesyen dan lain sebagainya.

Pentingnya pengetahuan mengenai berbagai macam metode perawatan rambut, dan mengenal kondisi rambut perindividu pasien melalui pemantauan rutin merupakan kunci keberhasilan perawatan rambut.

Transplantasi rambut merupakan suatu prosedur yang dіlаkukаn untuk mеngеmbаlіkаn rаmbut di аrеа kulіt kераlа mеngаlаmі penipisan rambut (botak), dengan cara memindahkan dari area donor yang umumnya diambil dari rambut bagian belakang.

The Clinic Beautylosophy sebagai pionir klinik bedah plastik dan estetik menyempurkanan, layanan hair center dengan menghadirkan layanan robotic hair transplantation. Transplantasi rambut robotik menggunakan alat restorasi rambut robotik ARTAS merupakan evolusi metode tindakan terkini di dunia.

“Tindakan ini memiliki sistem transplantasi rambut dengan yang menggunakan teknologi Intelegensi Artifisial (AI),” kata dr Nilam Permatasari, Hair Restoration Plastic Surgeon saat acara The 1st Robotic Hair Transplant In Indonesia dari The Clinic Beautylosophy, Jakarta, Senin (6/6/2022).

Mesin ARTAS tersebut menghilangkan kendala metode hair transplant konvensional, dengan menggantikan kinerja mekanik manusia, sehingga menghilangkan faktor kelelahan.

Adapun mesin ini tetap dikendalikan oleh tenaga profesional yang kompeten dalam men-design dan memastikan hasil yang natural, dan tepat sasaran sesuai kebutuhan pasien.

“Menggunakan teknik FUE (follicular unit extraction sehingga tidak meninggalkan bekas luka yang linear,” tutur dr. Nilam.

Bahkan menggunakan teknologi robotik yang dipandu gambar menganalisa secara tepat dan mengambil graft dari area donor dengan kecepatan seribu kali per sesi

Selanjutnya mengidentifikasi secara akurat lokasi implantasi untuk mencapai hasil yang mulus dan garis rambut yang sesuai dengan harmonisasi wajah anda. .

Tentu disertifikasi oleh FDA, berlisensi oleh Health Canada dan CE Mark dengan indikasi mengambil folikel rambut dari kulit kepala pada pria yang terdiagnosis dengan alopesia androgenik (kerontokan rambut berpola pada pria) yang memiliki rambut lurus hitam atau cokelat.

Selain itu, dapat membantu dokter dalam mengidentifikasi dan mengekstrak unit folikel rambut dari kulit kepala selama transplantasi rambut; membuat situs resipien; dan mengimplantasi folikel rambut yang telah terekstrak.

“Hal ini juga diindikasikan untuk membuat situs resipien untuk implantasi manual berikutnya dari folikel rambut yang diambil,” jelas dr. Nilam.

Di the clinic beautylosophy, metode tersebut dikerjakan langsung oleh dokter bedah plastik dan didukung dengan tim yang telah tersertifikasi.

“Team terdiri atas 14 dokter dan delapan tenaga medis dengan ke khususan di bidang perawatan rambut dan selalu mengikuti trend perawatan dunia,” ujar dr. Nilam.

Kelebihan dari metode tersebut adalah tindakan cepat dan nyaman bagi pasien, dan hasil alami. Pertumbuhan rambut robotic terlihat lebih tebal, alami, dan permanen dimulai dalam bulanan dengan pertumbuhan terus berlanjut seiring dengan berjalannya waktu.

Tindakan tersebut tergolong minimal invasif dan tidak menyebabkan bekas luka bentuk linear, Sistem restorasi rambut dengan teknologi secara akurat dan canggih akan mengimplantasi folikel individual tanpa menggunakan skalpel, jahitan atau staples, sehingga tidak akan terjadi skar secara linear.

Selain itu metode robotik dapat memberikan presisi dan kecepatan yang lebih baik, lebih akurat dan presisi sehingga prosedur menjadi lebih baik dibandingkan dengan transplantasi rambut manual lainnya.(dan)

Exit mobile version