Dokter, Pilot, Polisi dan Guru Bukan Idaman Lagi, Profesi Inilah yang Digandrungi Generasi Milenial

atta

Ilustrasi YouTuber sukses dan terkenal Atta Halilintar. Foto: IG Atta Halilintar

INDOPOS.CO.ID – Di era sosial media (Sosmed) profesi baru dalam dunia digital menjadi cita-cita yang banyak diimpikan generasi milenial. Misalnya seperti Youtuber, Selebgram, Blogger dan influencer.

Banyak generasi milenial menanti profesi tersebut daripada sebagai dokter, polisi, pilot dan guru. Data PricewaterhouseCoopers (PwC) 95 persen generasi milenial ingin memiliki keseimbangan antara dunia profesional dan personal.

Direktur Bina Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri (PTKDN) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Nora Kartika Setyaningrum mengatakan, program Talent Scouting memfasilitasi generasi milenial di bidang pekerjaan kreatif dan digital.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mempertemukan sisi supply pencari kerja muda dengan demand tenaga kerja yang dimiliki perusahaan-perusahaan di Jawa Timur, khususnya dalam bidang pekerjaan kreatif dan digital,” kata Nora Kartika Setyaningrum dalam keterangan, Kamis (21/7/2022).

Menurut dia, ada sejumlah perusahaan swasta di Jawa Timur yang dilibatkan pada kegiatan tersebut. Dengan menyediakan lowongan bagi talenta-talenta muda, seperti: Content Creator, Barista, Marketing Café, Sales Promotor, Internship Medsos, Staff HRD, Accounting, Staff Rekrutmen dan Training, Customer Care, dan lainnya.

“Perusahaan yang dilibatkan PT. United Waru Biscuit Manufacture, PT. NAV Jaya Mandiri, PT. Kreatiful Digital, PT Berkah Sekawan Abadi, Tempat Kumpul Café, PT. AKO Pangan Sejahtera, PT. Vasa Sukses Mandiri, PT. Ruang Raya Indonesia (Ruang Guru), PT. JNE Express Surabaya, PT. Vitapharm, Tbk, PT. Ternaknesia Farm Innovation, PT. Kosmetika Global Indonesia (MS Glow), PT. Kaya Kreasi Nusantara, PT. Ska Nusantara Indonesia (Cineverse), dan PT. Media Nusantara Konsultindo,” bebernya.

Pada kesempatan yang sama, Managing Director Talenthub Indonesia Ahmad Luthfi mengatakan, sejak 2021 Talenthub Indonesia mengadakan program-program pengembangan bakat talenta muda yang bertujuan untuk menjaring bakat dan mengembangkan potensi talenta muda. Sehingga terserap industri.

“Talenta muda dilatih untuk menguasai skill dan kompetensi yang dibutuhkan industri, khususnya industri kreatif dan digital,” katanya. (nas)

Exit mobile version