Empat Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Tetap Bugar

olahraga

Ilustrasi - Aktivitas olahraga. Foto: halodoc.com

INDOPOS.CO.ID – Menjaga daya tahan tubuh di tengah-tengah aktivitas sehari-hari itu menjadi hal yang penting agar tubuh tetap kuat dan bugar.

Seringkali bagian tersulit dari menjaga tubuh Anda tetap bugar dan kuat adalah tetap berpegang pada rencana latihan. Untuk menjaga tubuh tetap kuat dan bugar, pilih aktivitas yang sesuai dengan kepribadian Anda.

Apakah Anda suka bermain dalam tim atau solo? Apakah Anda lebih suka pergi ke gym atau berjalan di taman? Apa pun yang suka Anda lakukan, ada aktivitas yang dapat Anda pilih untuk membantu menjaga tubuh Anda dalam kondisi yang baik. Dikutip dari wikihow.com, berikut beberapa cara menjaga tubuh kita agar tetap terlihat kuat dan bugar.

1. Evaluasi Kebugaran dan Tujuan

Ketahui tingkat kebugaran Anda saat ini. Pertimbangkan untuk melakukan pemeriksaan fisik sebelum memulai program olahraga apa pun. Ini terutama benar jika Anda memiliki masalah medis, terutama yang berkaitan dengan jantung, paru-paru, ginjal, atau persendian.

Pilih tingkat kebugaran target Anda. Cari tahu tingkat kebugaran yang ingin Anda capai. Mengetahui tujuan akan membantu Anda tetap termotivasi untuk berolahraga. Tetapkan tujuan kekuatan dan daya tahan Anda.

Latihan kekuatan ini dirancang untuk meningkatkan daya tahan Anda (berapa lama Anda bisa berolahraga) dan membuat otot Anda lebih besar dan lebih kuat. Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan kekuatan dapat meningkatkan kekuatan tulang, meningkatkan fungsi sendi, dan mengurangi potensi cedera seseorang.

2. Perkuat Jantung dan Paru-Paru.

Mulailah berjalan! Banyak bentuk latihan aerobik tidak memerlukan peralatan khusus, yang berarti Anda dapat melakukannya secara gratis, di mana saja, kapan saja. Kegiatan tersebut termasuk memanjat tangga, jumping jacks, berjalan, dan jogging.

3. Perkuat Otot dan Tingkatkan Daya Tahan Tubuh.

Berlatih dengan beban. Latihan beban telah terbukti meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah penambahan berat badan. Pertimbangkan latihan beban tubuh.

Meski banyak gym yang menekankan latihan beban, namun latihan kekuatan bisa dilakukan tanpa peralatan apapun, seperti push-up, squat, dan lunges.

4. Termotivasi.

Jadikan olahraga sebagai kebiasaan. Anda lebih cenderung untuk mengikuti program olahraga jika Anda membuatnya menjadi perilaku otomatis, seperti menyikat gigi, yang Anda lakukan apa pun yang terjadi.

Berolahraga dengan orang lain. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang berolahraga dengan orang lain lebih menikmati olahraga daripada mereka yang berolahraga sendiri. (mg12)

Exit mobile version