Rajin Mengkonsumsi Black Tea, Ini Manfaat yang Bisa Didapat

tea

Ilustrasi. (halodoc.com)

INDOPOS.CO.ID – Teh telah lama diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk black tea atau teh hitam. Mengonsumsi black tea setiap hari dapat membantu mengatasi kelelahan, stres, dan meningkatkan konsentrasi. Selain untuk meningkatkan energi, minum rajin minum black tea juga dapat menunda penuaan dini.

Sebab black tea dapat membuat kulit terlihat bercahaya dan segar. “Di dalam black tea, terkandung senyawa antipenuaan yang membuat kulit terasa halus dan kenyal. Minum black tea secara rutin juga dapat mengurangi pigmentasi kulit dan menghilangkan noda di wajah”. Kata Dr. Fadhli Rizal Makarim, dikutip Indopos.co.id dari halodoc, Rabu (31/8/2022).

Popularitas teh yang semakin meluas bukan hanya karena rasanya enak, tapi juga memiliki manfaat pada kesehatan. Minum black tea secara rutin nyatanya juga bermanfaat untuk perawatan kulit, menunda penuaan dan membuat kulit terlihat bercahaya dan segar. Berikut manfaat penuaan yang dapat kamu rasakan jika rajin minum black tea:

1. Mencegah Penuaan Dini
Teh hitam mengandung banyak antioksidan dan polifenol yang diketahui dapat menunda penuaan dini pada kulit. Meminumnya atau menggunakan kantong teh hitam pada wajah dapat melindungi kulit dari pembentukan kerutan.
Menurut banyak penelitian, teh hitam juga dapat mengurangi produksi gen yang menciptakan enzim pendegradasi kolagen.

Selain itu, teh hitam lebih efektif dalam mengurangi kerutan dibandingkan jenis teh lainnya.

2. Mengurangi Pigmentasi Kulit

Teh hitam dikenal dapat menghilangkan pigmentasi yang disebabkan oleh sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya. Sinar matahari yang berbahaya merupakan salah satu penyebab utama pigmentasi kulit dan masalah terkait kulit lainnya.

Minum teh hitam secara rutin dapat melindungi kulit dan mengurangi kemungkinan masalah kulit, yang disebabkan oleh paparan sinar UV yang berlebihan. Jika kamu tidak menyukai rasa teh hitam, kamu dapat menambahkan madu ke dalamnya untuk meningkatkan selera. Akan lebih baik lagi jika kamu juga mengoleskan teh hitam secara topikal. Hal tersebut bermanfaat untuk menenangkan area kulit yang terpapar sinar matahari.

3. Menghilangkan Noda Hitam pada Kulit Wajah

Memiliki noda hitam tentu sangat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Nah, untuk mengatasi masalah kulit tersebut, kamu bisa mencoba ramuan perawatan kulit dari bahan teh hitam.
Menurut para ahli, teh hitam memiliki sifat pembersih kulit dan antioksidan yang dapat membuang racun yang menyebabkan noda.

Cobalah untuk mengambil teh hitam dingin dalam mangkuk, kemudian gunakan kapas untuk mengoleskannya pada wajah. Lakukan perawatan kulit ini secara teratur selama empat minggu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Teh hitam merupakan pilihan yang bagus jika kamu mencari minuman rendah kalori dan tidak manis, dengan sedikit kandungan kafein dibandingkan kopi atau minuman energi. Teh ini memiliki rasa yang kuat, unik, dan mengandung banyak antioksidan, yang dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan.

Misalnya, baik untuk kesehatan usus hingga penurunan tekanan darah.
Manfaat teh hitam juga mampu menunda efek penuaan pada kulit. Penggunaan teh hitam secara teratur dapat memberi hasil yang baik pada perawatan wajah. Namun, sebelum menggunakannya untuk kulit, pastikan untuk bertanya dengan dokter kulit terlebih dulu. (mg12)

Exit mobile version