Ini 7 Mobil Bekas Murah Rp100 Jutaan yang Nyaman untuk Keluarga Perkotaan

Mobil-Bekas

Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID – Di saat membeli mobil baru tertahan lamanya inden, membeli mobil bekas bisa menjadi alternatif pilihan. Apalagi harga yang jauh lebih terjangkau menghadirkan banyak model yang tersedia. Bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas murah dengan harga Rp100 jutaan, berikut beberapa rekomendasi mobil keluarga yang bisa didapatkan.

1.Daihatsu Sigra 1.2 liter
Di antara daftar mobil keluarga di atas, sepertinya Daihatsu Sigra merupakan yang termurah. Bahkan harga mobil barunya berada di kisaran Rp129 jutaan. Untuk model keluaran tahun 2018, Anda bisa mendapatkan Sigra bekas dengan tipe tinggi bermesin 1.2 liter dengan harga mulai dari Rp 110 jutaan saja.

Dibandingkan model bermesin 1.0 liter, tentunya tenaga dan torsi yang ditawarkan lebih besar. Membuatnya lebih nyaman ketika harus mendaki di jalanan luar kota dan membawa banyak penumpang di dalam kabin. Fiturnya pun lebih lengkap dibandingkan tipe terendahnya.

Beberapa kelemahan Sigra terasa dari interior yang masih dipenuhi oleh material plastik keras. Mobil ini juga dikeluhkan tidak memiliki kabin yang kedap, dimana suara dari luar masih terdengar ketika berkendara. Kekurangan lainnya termasuk bangku baris ketiga yang tak begitu nyaman untuk perjalanan jauh.

2.Honda Mobilio
Sebagai salah satu model Honda dengan kapasitas 7 tempat duduk dan diperuntukkan bagi keluarga, Mobilio memiliki daya tarik tersendiri. Walaupun mobil ini bisa dibilang kalah saing dibandingkan pesaingnya di segmen Low MPV, tapi Mobilio masih tetap menawan untuk dimiliki.

Diambil dari sasis Honda Brio dan dibuat lebih lebar dan panjang, Mobilio menawarkan ruang kaki yang lega di dalam kabin. Begitu pula bagasi yang jauh lebih besar dibandingkan saudaranya versi hatchback tersebut. Handling mobil ini pun cukup menyenangkan untuk dikendarai, layaknya Brio, ketika harus berkendara di jalanan perkotaan.

Tapi yang patut diperhatikan dari Mobilio adalah interior mobil ini masih banyak dipenuhi dengan material plastik. Suspensi mobil pun tak bisa dianggap lembut, meski sudah cukup baik untuk sekelas LMPV. Selain itu, transmisi CVT otomatis banyak dikeluhkan tak terlalu mulus menyalurkan tenaga ke roda.

3.Mitsubishi Xpander
Tepat lima tahun kehadiran penantang Toyota Avanza ini hadir di Indonesia. Dan pengaruhnya pun cukup kuat, mampu menjegal Avanza sebagai salah satu mobil terlaris di Indonesia selama beberapa bulan. Populasinya pun cukup banyak tersebar, dimana model keluaran tahun 2018 sudah bisa didapatkan dengan harga Rp 185 jutaan saja.

Harganya memang jauh lebih tinggi dibandingkan pesaingnya di segmen ini. Tapi harga tersebut sesuai dengan kenyamanan yang ditawarkan. Performa tinggi disalurkan ke roda depan menghadirkan pengendaraan yang fun to drive. Fitur keamanan dan bantuan mengemudi pun terasa lengkap untuk menunjang keselamatan berkendara.

Mesinnya yang menawarkan performa tinggi sayangnya kurang impresif di putaran bawah, apalagi untuk transmisi CVT. Ini diakibatkan oleh bobot mobil yang berat. Sementara itu, Xpander generasi awal belum mendapatkan sistem keselamatan ADAS, seperti layaknya mobil baru di harga yang sama.

4.Nissan Serena
Walaupun sudah banyak MPV baru di Indonesia, tapi nama Nissan Serena masih mencuat sebagai salah satu mobil keluarga murah dan nyaman untuk keluarga. Harganya terjangkau apabila dibandingkan dengan mobil barunya. Dimana Serena tahun 2012 dibanderol dengan harga mulai dari Rp125 jutaan.

Serena sudah mengandalkan konfigurasi captain seat di baris kedua. Ruang kabin pun terasa lepang untuk penumpang dewasa. Akomodasi dan kepraktisan tak kalah jika dibandingkan dengan mobil baru saat ini. Kenyamanannya terasa dengan suspensi yang lembut serta akselerasi mesin yang terbilang cukup halus.
Kenyamanan dengan ruang kabin yang kedap berdampak pada bobot mobil yang berat, mengakibatkan konsumsi BBM yang boros. Begitu pula dengan suspensi belakang kerap bermasalah. Sementara itu, biaya perawatan dan sparepart lumayan menguras isi dompet.

5.Suzuki Ertiga
Nama satu ini memang banyak digemari sebagai mobil bekas murah untuk keluarga yang nyaman digunakan. Untuk Suzuki Ertiga baru, harganya tergolong tinggi. Tapi untuk model keluaran tahun 2017 dan 2018, Suzuki Ertiga bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp150 jutaan.

Konsumsi BBM yang irit menjadi faktor utama pertimbangan konsumen memilih mobil ini. Kenyamanan pun tak kalah jika dibandingkan dengan MPV premium, apalagi interior yang lapang dan lega untuk 7 orang penumpang di dalam kabin. Ruang kabin pun terasa senyap untuk perjalanan di dalam dan luar kota.

Seperti Ertiga bukan model yang mementingkan fitur dan desain modern. Misalnya model generasi kedua yang diluncurkan pada tahun 2018 masih belum menyediakan sistem infotainment digital yang setara pesaingnya. Kekurangan lainnya termasuk suspensi belakang yang sering ambles ketika barang bawaan memenuhi bagasi belakang.

6. Toyota Kijang Innova
Siapa yang tak kenal mobil ini? Sejarah Toyota Kijang yang memang diperkenalkan khusus untuk konsumen Indonesia dilanjutkan oleh Kijang Innova. Pertama kali dirilis pada tahun 2004, mobil bekasnya bisa dengan mudah ditemukan di pasaran. Bagi Anda yang memiliki budget Rp100 jutaan, Innova 2014 sudah tersedia dengan banderol Rp175 jutaan.

Keunggulan Kijang Innova tentunya tak perlu diragukan lagi. Ruang kabin dan ruang bagasi yang lega dan lapang, rasa berkendara yang nyaman dari suspensi yang lembut, serta harga jual yang masih stabil menjadi bagian popularitasnya. Apalagi Innova memiliki ketersediaan sparepart dan bengkel yang mudah ditemukan.

Tapi mobil ini terasa limbung ketika harus diajak berkendara dalam kecepatan tinggi. Ada dua pilihan mesin tersedia, yaitu mesin bensin dan mesin diesel. Sayangnya mesin bensin memiliki konsumsi BBM yang lebih boros jika dibandingkan dengan mesin diesel. Dan meski memiliki mesin yang bandel dan tahan lama, mesinnya kurang responsif ketika berakselerasi.

7. Toyota Avanza Veloz
Meski kini dipisahkan dari Avanza, tapi Avanza Veloz yang sebelumnya ditawarkan sebagai tipe tertinggi dari Avanza menawarkan kelegaan yang tak jauh berbeda, tapi dengan fitur yang lebih lengkap. Avanza Veloz keluaran tahun 2015 bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp125 jutaan.

Kelebihan Avanza Veloz bisa dirasakan dengan kemampuannya mampu memuat 7 penumpang di dalam kabin. Ruang kabin terasa lega dibandingkan dengan mobil lain di kelasnya. Kepraktisannya mumpuni untuk pengendaraan bersama keluarga, serta fiturnya lebih lengkap jika dibandingkan dengan Toyota Avanza standar.

Mobil ini memiliki kekurangan yang sama dengan tipe terendah, seperti pengendaraan terasa limbung pada kecepatan tinggi. Bangku baris belakang tak cukup lega untuk penumpang dewasa dalam perjalanan jauh. Akibat interior mobil masih dipenuhi dengan material plastik, ruang kabin kurang kedap jika dibandingkan dengan model yang lebih premium.

Ada banyak mobil bekas murah yang bisa didapatkan di pasar otomotif Tanah Air. Tapi jangan lupa cek terlebih dahulu kondisi mobil sebelum membeli, apalagi mobil yang berusia 10 tahun ke atas. Masih bingung memilih mobil keluarga? Dapatkan informasi paling update seputar otomotif dan rekomendasi mobil bekas terbaik lainnya hanya di Cintamobil.com.(ibs)

Exit mobile version