Kenapa Banyak Orang Benci Hari Senin? Inilah Cara Mengatasinya.

Monday-Blues

Ilustrasi. Foto: suara.com

INDOPOS.CO.ID – Ketika hari libur telah selesai, seseorang akan kembali memulai aktivitasnya di hari senin. Sebagian mulai kerja, sementara yang lain harus bersekolah. Merasa lemas dan tidak bersemangat saat akan beraktivitas di hari Senin? Menganggap hari Senin sebagai awal mula hari yang tidak menyenangkan rupanya bisa membuat seseorang terkena penyakit monday blues.

Monday blues adalah istilah untuk menggambarkan perasaan bosan dan tidak bersemangat yang dirasakan saat menjelang hari Senin. Penyebabnya belum diketahui secara pasti. Namun, ketidaksiapan mental untuk kembali beraktivitas disinyalir menjadi faktor terjadinya Monday blues.

Selain merasa tidak bersemangat, Monday blues juga bisa ditandai dengan ketidakmampuan menyelesaikan pekerjaan, tidak merasa puas dalam mengerjakan sesuatu, hingga rusaknya hubungan dengan orang lain. Situasi tersebut membuat banyak orang yang akhirnya benci hari senin, atau muncul istilah I Hate Monday. Hal itu untuk menggambarkan adanya rasa tidak nyaman setelah hari libur selesai.

Menurut studi penelitian, monday blues merupakan sebutan bagi seseorang yang mengalami penurunan mood drastis di Senin pagi. Terlebih bagi seorang pekerja, Senin pagi adalah hari yang melelahkan karena telah melewati akhir pekan Sabtu dan Minggu lalu harus kembali bekerja di awal minggu.

Namun, meskipun sederhana Monday blues tidak boleh dianggap sepele. Jika dibiarkan Monday blues dapat dapat memicu stres yang membuat suasana hati buruk dan dapat menurunkan produktivitas bahkan berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Oleh karena itu, segera atasi dengan beberapa cara di bawah ini. Dikutip dari alodokter.com

1.Lakukan perawatan diri di akhir pekan
Melakukan perawatan diri di akhir pekan bisa membantmu mengatasi Monday blues. Manjakan dirimu dengan melakukan me time atau berkumpul bersama dengan keluarga dan sahabat. Dengan begitu, mood dapat meningkat serta pikiran dan tubuhmu menjadi rileks. Kamu pun akan lebih siap untuk menjalani hari Senin.

2.Tetapkan jadwal hari Senin dengan baik
Bila memungkinkan, hindari menjadwalkan rapat atau tugas besar di hari Senin. Hal ini dapat mencegah menumpuknya tugas dan rasa khawatir di akhir pekan. Kebiasaan ini juga bisa melatihmu memiliki manajemen waktu yang baik.

3.Batasi diri dengan pekerjaan di akhir pekan
Akhir pekanmu sebaiknya hanya dipakai untuk beristirahat dan berlibur. Sebisa mungkin jangan gunakan waktu libur untuk mengurus pekerjaan, karena ini dapat membuatmu kelelahan dan tidak bersemangat di hari Senin.
Jika tidak memungkinkan, kamu bisa sisihkan waktu hanya 1–2 jam untuk menyelesaikan pekerjaan yang tertunda. Kamu juga bisa manfaatkan waktu ini untuk melakukan pekerjaan lebih awal, sehingga pekerjaan di hari Senin dapat berkurang.

4.Terapkan pola hidup sehat
Selain melatih mental agar lebih kuat, rutin berolahraga dapat membuatmu merasa lebih bahagia dan terhindar dari Monday blues. Pastikan juga kamu mengonsumsi makanan sehat setiap harinya. Pilihlah makanan yang bisa meningkatkan mood, seperti ikan, pisang, cokelat hitam, yoghurt, atau kacang-kacangan. Selain itu, jangan bergadang dan cukupi waktu tidur setiap malam, yaitu 7–9 jam per malam. Kamu juga bisa tidur lebih awal supaya lebih bersemangat esok paginya.

Itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi Monday blues dan menyambut hari Senin dengan lebih baik. Lakukan dengan konsisten agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Jika setelah melakukan cara di atas kamu masih saja merasakan Monday blues hingga sudah membuat aktivitasmu terganggu, sebaiknya konsultasikan dengan psikolog atau psikiater untuk mendapatkan saran terbaik.(mg12)

Exit mobile version