Empat Fakta Menarik Dibalik Film Mumun 2022

mumun

Teaser poster film Mumun. Foto: Akun Instagram @mandra_ys

INDOPOS.CO.ID – Film Mumun merupakan film yang diadaptasi dari serial televisi Jadi Pocong karya Mandra. Film yang disutradarai oleh Rizal Mantovani ini dibintangi oleh Acha Septriasa, Dimas Aditya, Mandra, Volland Humonggio, Eddies Adelia, dan masih banyak lainnya. Dan diproduksi oleh Dee Company, film Mumun tayang di Bioskop sejak 1 September 2022.

Film ini akan memberikan sensasi horor kepada penonton. Karena film ini bercerita tentang ‘Mumun’ yang mengisahkan tentang sepasang kekasih, Mumun dan Juned, yang saling mencintai. Namun, sayangnya keduanya terpisah karena Mumun tewas akibat kecelakaan. Mumun pun menjadi hantu pocong yang gentayangan dan meneror warga kampung.

Film Mumun dianggap sebagai salah satu film horor Tanah Air di tahun 2022 yang diduga akan menuai kesuksesan seperti film sebelumnya. Film ini memiliki beberapa fakta menarik yang wajib kalian harus tau, lho. Dilansir berbagai sumber, simak fakta berikut;

1. Acha Septriasa Perankan 3 Karakter Sekaligus

Dalam film ini, Acha Septriasa berperan untuk tiga karakter yakni sebagai Mimin, Mumun dan pocong. Dikarenakan harus memerankan tiga peran sekaligus, Acha sempat merasa lelah.

Terlebih Acha harus membedakan gaya bahasa dalam setiap peran yang dimainkannya. Misalnya saja tokoh Mimin yang memiliki dialek Betawi tengah kota sedangkan Mumun punya dialek Betawi biasa.

2. Diduga Berdasarkan Kisah Nyata

Menariknya, kisah pocong Mumun ternyata benar terjadi di kehidupan nyata. Mandra pernah mengungkap bahwa Mumun berasal dari kisah mistis yang terjadi di daerah Cibubur pada tahun 1970-an. Sosok Mumun ini sering menunjukkan dirinya di area perkemahan Cibubur.

Alkisah, ada seorang gadis bernama Mumun yang menjadi primadona lelaki. Orang tua Mumun memiliki warung kopi di daerah perkemahan Cibubur. Dari situlah, seorang lelaki jatuh cinta kepadanya. Karena ada keperluan, orang tua Mumun mengamatkannya untuk menjaga warung kopi di malam hari.

Namun sangat disayangkan, malam itu menjadi malam traumatis bagi Mumun. Lelaki yang mengejarnya itu melecehkan Mumun di warung kopi milik orang tuanya hingga membuatnya depresi. Tak kuat menahan malu, Mumun pun mengakhiri hidupnya dengan gantung diri di pohon pinus.

3. Mandra Merasakan Kejadian Mistis

Dalam channel Youtube RJL Mandra menceritakan pengalaman seram yang dialaminya selama syuting film Mumun. Aktor senior sekaligus pelawak Betawi ini mengungkapkan pada saat adegan Mandra naik keatas kamar mandi dan Acha Septriasa sebagai Mumun mengagetkan Mandra, ia merasa seperti berhadapan dengan sosok pocong asli. Kejadian mistis ini disusul dengan aroma bau busuk dan anyir yang membuat Mandra merinding.

Sang sutradara, Rizal Mantovani pun ikut merasakan kejanggalan tersebut di mana ia melihat saat adegan Acha sebagai Mumun dinaikan seperti bukan Acha, melainkan pocong asli.

“Menurut saya ini adalah sejarah hidup saya, karena saya sempet syuting menurut saya sih pocong benerannya dalam satu scene,” kata Mandra, mengutip dari YouTube RJL 5.

4. Acha Septriasa Melihat Sosok Hantu Seperti yang Sedang Diperankan

Artis senior tanah air satu ini, baru-baru ini telah mengungkap fakta mengejutkan. Pasalnya ditengah proses syuting Acha Septriasa, dan dirinya sedang memerankan sosok hantu pocong.

Acha mengaku melihat sosok makhluk halus yang menyerupai dirinya. “Lagi ada set angin sama daun-daun terbang kan. Terus pas lagi liat ke atas bagian genteng kok ada sesuatu yang mirip aku. Aku tuh kan lagi pake baju pocong kan putih gitu. Nah, yang sana pake baju putih juga ngadep belakang tinggi gitu di atas genteng,” tutur Acha Septriasa dilansir dari kanal Youtube Trans7 official, pada Kamis (8/9/2022).

Sosok Mumun ini disebut-sebut menjadi film horor pertama bagi Acha Septriasa yang sempat booming dalam film ‘Heart’.

Itulah beberapa fakta terkait film Mumun yang sedang tayang di seluruh bioskop Indonesia. Siapkan mental dan nyalimu ya! (mg12)

Exit mobile version