Dokter: Olahraga Tingkatkan Percaya Diri dan Perbaiki Mood

Olahraga-Indoor

Ilustrasi olahraga di dalam ruangan. Foto: Freepik

INDOPOS.CO.ID – Aktivitas fisik yang rutin bisa menyehatkan tubuh. Berdasar National Institutes of Health (NIH) bahwa olahraga dapat meningkatkan kesehatan mental dan suasana hati, serta mengurangi risiko stres dan depresi.

Dokter dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga dr. Michael Triangto menyatakan, selama berolahraga, tubuh seseorang akan melepaskan bahan kimia atau hormon endorfin. Sehingga dapat meningkatkan mood, dan membuat tubuh dan pikiran lebih rileks.

“Manfaat lain (olahraga) adalah meningkatnya rasa percaya diri, karena memang lebih mampu ataupun karena hasil yang sudah diperoleh dari berolahraga juga akan memperbaiki mood yang bersangkutan,” kata Michael melalui gawai bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada, Jumat (9/9/2022).

Hormon endorfin yang dikeluarkan saat berolahraga dapat mengurangi rasa sakit dan memberikan energi positif. Dari kondisi tersebut dapat membantu kesehatan jiwa, seperti mengatasi stres dan mengurangi risiko depresi.

“Dengan demikian pertanyaan tentang ‘Apakah olahraga dapat membantu kesehatan jiwa?’ jawabnya adalah benar, selama tujuan olahraga tersebut jelas dan diperuntukkan bagi kesehatan tubuh baik fisik, mental dan sosial secara menyeluruh,” ucap Michael.

Jika kurang melakukan aktivitas fisik dikhawatirkan terdampat terhadap gangguan pada sektor kejiwaan misalnya, stress dapat menimbulkan gangguan tidur maupun irritable (marah).

“Mudah marah dan manifestasinya adalah jantung berdebar-debar, nafas cepat, tekanan darah meningkat,” jelasnya.

“(Semua ini) akibat meningkatnya aktivitas hormon kortisol dan adrenalin yang membuat kita terjaga dan meneruskan proses inflamasi sistemik yang merupakan awal kemunculan berbagai penyakit mis hipertensi, aterosklerosis dan lainnya,” tambahnya.

Berdasar situs resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), tema peringatan Hari Olahraga Nasional 2022 adalah Bersama Cetak Juara. Peringatan itu diselenggarakan dalam berbagai kegiatan, mulai dari upacara bendera hingga acara puncak di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.(dan)

Exit mobile version