Ini Manfaat Buah Kiwi bagi Kesehatan Kulit

Ini Manfaat Buah Kiwi bagi Kesehatan Kulit - kiwi - www.indopos.co.id

Ilustrasi. Foto: Freepik

INDOPOS.CO.ID – Buah Kiwi dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan vitamin C dan E. Kedua kandungan ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan kulit, seperti mencerahkan kulit dan mengecilkan pori-pori.

Kiwi menjadi salah satu buah yang dikenal mengandung vitamin C cukup tinggi. Buah ini juga memiliki bentuk yang bulat dengan tekstur berbulu pada bagian kulitnya. Bukan hanya digunakan untuk mengoptimalkan imun tubuh, buah kiwi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit.

Kiwi menjadi salah satu buah yang memiliki beragam kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Selain kaya akan kandungan vitamin C dan E, buah ini juga memiliki kandungan lutein, zeaxanthin, dan polyphenols. Beragam kandungan inilah yang membuat kiwi bermanfaat bagi kesehatan kulit. Dikutip dari halodoc.com

Nah, berikut manfaat kiwi untuk kesehatan kulit:

1. Mencerahkan Kulit
Jika kulit anda terkena debu hingga polusi dan tidak diatasi dengan baik maka, debu dan polusi akan membuat kulit terlihat lebih kusam.

Buah kiwi memiliki kandungan vitamin E yang bisa membantu kamu mengembalikan kecerahan kulit secara alami. Vitamin E membantu memenuhi kebutuhan antioksidan pada kulit yang bisa merangsang kulit dan meningkatkan generasi sel baru pada kulit.

Selain itu, kandungan vitamin C juga meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga kulit menjadi lebih lembap dan sehat.

2. Mengecilkan Pori-Pori Wajah
Pori-pori yang membesar pada wajah tentunya membuat penampilan menjadi kurang optimal dan membuat pori-pori menjadi lebih mudah tersumbat sehingga menyebabkan munculnya masalah baru pada kesehatan kulit, seperti jerawat.

Kamu bisa mengecilkan pori-pori wajah dengan menggunakan kiwi. Selain dikonsumsi, kamu juga bisa menjadi potongan kiwi sebagai masker pada kulit yang memiliki pori-pori besar.

3. Mencegah Penyakit Kanker Kulit
Kandungan polyphenol pada kiwi membuat kamu terhindar dari penyakit kanker, khususnya kanker kulit. Selain itu, vitamin E juga bisa melindungi kulit dari paparan radiasi matahari yang memicu penyakit ini. Rasakan manfaat ini dengan mengonsumsi buah kiwi secara rutin.

4. Mengatasi Jerawat
Jerawat yang membandel tentunya membuat penampilan menjadi kurang optimal. Kamu bisa mencoba masker dari bahan-bahan alami untuk mengatasi jerawat pada kulit, salah satunya kiwi.
Haluskan kiwi hingga menjadi tekstur yang bisa digunakan untuk masker pada bagian wajah yang mengalami jerawat. Diamkan beberapa menit, kemudian bersihkan wajah menggunakan air bersih.

5. Mencegah Penuaan Dini
Vitamin C dan E mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Kedua vitamin ini mampu menjaga kulit dari paparan radikal bebas yang bisa menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Meskipun manfaat kiwi sudah banyak dikenal oleh masyarakat, tetapi hingga saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan manfaat kiwi secara detail. Sebaiknya tetap perhatikan kondisi kesehatan kulit sebelum menggunakan kiwi untuk masker pada kulit.

Namun, jika terjadi peradangan atau kemerahan setelah menggunakan kiwi, jangan ragu untuk bertanya langsung pada dokter. Dengan begitu kamu bisa melakukan perawatan dan pengobatan yang sesuai dengan keluhan kesehatan yang kamu alami. (mg12)

Exit mobile version