Enam Manfaat Karbohidrat Kompleks Penting Bagi Tubuh

Enam Manfaat Karbohidrat Kompleks Penting Bagi Tubuh - makanan karbo - www.indopos.co.id

Ilustrasi (halodoc.com)

INDOPOS.CO.ID – Karbohidrat kompleks memiliki rantai molekul yang lebih panjang ketimbang jenis lainnya. Di dalamnya juga mengandung tinggi vitamin, serat dan mineral yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Dr. Rizal Fadli mengatakan, “Karbohidrat kompleks mengandung tinggi vitamin, serat dan mineral yang penting bagi tubuh. Manfaatnya untuk menghasilkan energi, menjaga berat badan, mengatur gula darah dan meningkatkan kesehatan pencernaan.” Dikutip dari halodoc.com

Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Ini dapat mencegah seseorang makan berlebihan, sehingga kadar gula darah tetap terkontrol.

Manfaat lainnya termasuk meningkatkan energi, menjaga berat badan, mengoptimalkan massa otot, mengatur gula darah dan mendukung kesehatan otak serta organ pencernaan. Simak manfaat karbohidrat kompleks:

1. Meningkatkan Energi
Kandungan nutrisi dalam karbohidrat kompleks menjadi sumber energi untuk menjalankan sistem metabolisme tubuh. Jika asupannya kurang, sel tidak dapat berkembang dan berfungsi dengan baik.

2. Menjaga Berat Badan
Menjaga berat badan
Karbohidrat kompleks mengandung tinggi serat dan rendah kalori. Serat dalam karbohidrat komplek dapat membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Ini berdampak pada penurunan atau berat badan tetap stabil.

3. Mengatur Gula Darah
Penyerapan karbohidrat kompleks membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari serangan penyakit akibat kadar gula berlebihan, seperti diabetes dan sakit jantung.

4. Mendukung kesehatan pencernaan
Serat pada karbohidrat kompleks bisa membuat jumlah feses meningkat dan membuatnya lebih halus sehingga lebih mudah dikeluarkan. Ini dapat mencegah penyakit pada usus besar, wasir dan kanker di area kolon (kolorektal).

Manfaat di atas bisa dirasakan dengan rutin mengonsumsi ubi, nasi merah, jagung, quinoa, gandum, pisang, buah bit, apel, singkong, talas, kacang merah dan wortel.

Namun, jika kamu adalah pengidap alergi, sebaiknya tanya dokter terlebih dulu. Itu dilakukan guna mencegah munculnya gejala alergi setelah mengonsumsi makanan. (mg12)

Exit mobile version