Film “Inang” Diangkat dari Mitos Tradisi Budaya Jawa. Inilah Sederet Fakta Menariknya.

Gala-Premiere

Gala Premiere Film “Inang” Foto: Instagram @filminang

INDOPOS.CO.ID – Perfilman Indonesia menghadirkan kembali film horor berjudul “Inang”. Film yang tayang di seluruh bioskop Indonesia pada 13 Oktober 2022 bukan sembarang film horor seperti biasanya.

Film yang disutradarai oleh Fajar Nugros dan diproduksi oleh IDN Pictures ini mempersembahkan film bergenre horor-thriller yang menceritakan perjuangan seorang Ibu yang berusaha menyelamatkan bayinya.

Film yang dibuat sejak 2021 ini dibintangi oleh Naysilla Mirdad, Dimas Anggara, Lydia Kandou, Rukman Rosadi, Rania Putrisari, Pritt Timothy, hingga Totos Rasiti.

Menariknya, film ‘Inang’ mengangkat salah satu mitos tradisi dari budaya Jawa yang dikenal dengan nama Rabu Wekasan. Rabu Wekasan atau Rebo Wekasan adalah hari rabu terkahir di bulan Sapar pada kalender jawa yang dianggap sebagai hari sial.

Buat kamu yang tidak asing dengan Rabu Wekasan, rasanya tidak afdal jika tidak menonton film satu ini. Melansir berbagai sumber. Berikut ada empat Fakta Menarik film “Inang”, yuk simak.

1. Film Horor Pertama Fajar Nugros
‘Inang’ merupakan film horor pertama garapan Fajar Nugros. Biasanya, Fajar Nugros lebih sering membuat film bergenre komedi atau drama, seperti ‘Srimulat: Hil yang Mustahal’ atau ‘Yowis Ben’.

Pertama kali menggarap cerita horor, Fajar Nugros pun mengaku takut dan dirinya pun punya sisi sifat penakut. Namun, namanya juga sutradara harus bisa mencicipi semua genre. Akhirnya ia pun melawan rasa takut itu dan keluar dari zona nyamannya.

2. Debut Pertama Naysilla Mirdad
Tak hanya film horor pertama Fajar, Inang juga film horor pertama buat Naysilla Mirdad. Selama 17 tahun berkiprah di dunia seni peran, Naysilla memang lebih sering main dalam sinetron dan FTV.

Hingga di tahun 2021, ia mendapat tawaran untuk bermain sebagai tokoh utama di film bergenre horor. Alhasil, ‘Inang’ menjadi film debut pertama Naysilla Mirdad di industri perfilman Indonesia. Pertama kali main dalam film layar lebar, Naysilla Mirdad mengaku sangat tertantang.

“Ini film pertama aku dan langsung di horor. Aku terantang dengan karakter dan ceritanya. Aku sangat tertantang. Senang banget pastinya,” uajr Naysilla.

3. Diputar di Festival Film Internasional BIFAN Korea Selatan
Menampilkan cerita yang mengangkat tradisi mitos Jawa membuat film ‘Inang’ berhasil terpilih dan masuk kategori ‘Bucheon Choice Award’ dalam Bucheon International Fantastic Film Festival (BIFAN) 2022.

Hal itu membuat film ini menjadi perwakilan dari Indonesia dalam festival film tingkat internasional melawan film-film dari negara lain. BIFAN merupakan festival film terbesar dan bergengsi yang diselenggarakan setiap tahun di Bucheon, Korea Selatan.

Film ‘Inang’ mendapatkan pemutaran dua kali, yaitu saat World Premiere pada tanggal 8 Juli 2022 dan tanggal 13 Juli 2022.

4. Angkat Cerita Mitos Peradaban Jawa
Nah ini dia cerita mitos yang diangkat dalam film Inang ini yakni Rabu Wakesan atau Rebo Wakesan. Rabu Wakesan adalah hari rabu terakhir di bulan Sapar pada kalender jawa, hal itu dianggap sebagai hari sial. Dilihat hal ini merupakan keberagaman cerita Indonesia, akhirnya diangkat sebagai film.

Terkait mitos tersebut, cerita dalam film ini juga dibuat berdasarkan pengalaman Fajar Nugros yang tumbuh di lingkungan tradisi jawa dan mengalami berbagai tradisi selamatan. Nggak cuman itu, di film Inang juga menampilkan sisi kelam dari pengorbanan orang tua.

Nah, itulah sederet fakta menarik film ‘Inang’ yang bakal bikin kamu semakin tertarik buat menonton. Makin penasaran kan seperti apa film Inang? Saksikan film Inang di bioskop Indonesia pada 13 Okotober 2022. (mg12)

Exit mobile version