IST Entertainment Dikecam Karena Dugaan Plagiarisme dengan Teaser Comeback ATBO

korea

ATBO. Foto: koreaboo.com

INDOPOS.CO.ID – Grup IST Entertainment, ATBO (sebelumnya dikenal dengan ABO) sedang mempersiapkan comeback pertama mereka. Sementara itu penggemar, banyak yang saat ini mempertanyakan jika IST Entertainment diduga menjiplak konsep grup lain untuk mini album mendatang ATBO bertajuk “The Beginning ATBO”

Grup yang dibentuk melalui survival Competition The Origin – A, B, or What?, Melakukan debut resminya pada 27 Juli 2022.

Sementara itu, Comeback terbaru grup ini telah ditonton lebih dari 20 juta kali di YouTube, sebuah bukti popularitas mereka.

Foto konsep awal grup untuk album baru mereka menunjukkan apa yang tampak sebagai konsep anak muda, dan menampilkan para anggota yang mengenakan “school style.”

Namun, kumpulan gambar konsep terbaru telah menyebabkan penggemar online menuduh perusahaan grup melakukan plagiarisme. Foto-foto ini menampilkan grup yang tampak seperti Dojo seni bela diri dengan nama album tertulis di salah satu panel. Setiap anggota kelompok mengenakan jaket biker hitam dan putih dengan celana kulit.

Banyak yang tidak bisa tidak menunjukkan kesamaan yang kuat dengan konsep grup lain. Netizen merasa bahwa rangkaian gambar baru ini terlihat sangat mirip dengan konsep “Kick It” NCT 127, termasuk Dojo dan pakaian yang dikenakan grup di sepanjang video musik. “Kick It” dirilis pada Maret 2020 dan sangat populer bahkan di kalangan non-penggemar.

Selain itu mereka juga menunjukkan bahwa ini bukan pertama kalinya grup tersebut diduga menjiplak NCT 127. Dalam koreografi untuk rilisan pertama grup mereka bertajuk “Monochrome,” ATBO juga melakukan gerakan dance yang sangat mirip dengan salah satu gerakan yang diperagakan Taeyon NCT 127.

Banyak penggemar yang setuju bahwa rilis musik dapat memiliki tema yang sama. Namun, sebagian besar mengatakan Citra konsep harus memiliki perbedaan yang lebih kuat dari grup ke grup lain. Para Fans menuntut jawaban dari perusahaan.

Namun, sampai saat ini IST Entertainment selaku agensi belum menanggapi tuduhan apapun yang diajukan oleh penggemar seperti dikutip dari koreaboo.com.(mg11)

Exit mobile version