Cari Tempat Sejuk Buat Liburan Seru? Yuk ke Tawangmangu atau Pacet!

Wisata-Alam-Pacet

Ilustrasi Wisata Alam

INDOPOS.CO.ID – Tempat yang sejuk dan dingin akan menjadi destinasi favorit untuk berwisata. Selain asik buat ber-leyeh-leyeh udara dingin juga kerap meningkatkan nafsu kita untuk makan. Maka dari itu, tempat wisata yang sejuk biasanya asik juga untuk berwisata kuliner.

Bagi Anda yang sedang mencari destinasi wisata dengan udara sejuk dan alami, kalian dapat memilih Tawangmangu di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah atau Pacet di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Hal Menarik yang Ada di Pacet dan Tawangmangu
Meski berbeda provinsi, keduanya hanya berjarak 30 kilometer dan sama-sama berada di lereng Gunung Lawu. Jadi wajar saja kalau kedua kecamatan ini punya udara yang sejuk serta pemandangan alam yang mengagumkan.

Kondisi alam yang masih asri membuat terdapat banyak destinasi wisata alam yang patut dikunjungi di daerah Tawangmangu dan Pacet.

Sehatnya lingkungan tempat-tempat wisata di Tawangmangu dan Pacet sangat baik untuk kesehatan jasmani dan rohani keluarga Anda.

Terkait akomodasi, Anda tidak perlu khawatir. Ada banyak sekali villa di Tawangmangu maupun villa di Pacet yang dapat Anda pesan di Traveloka.

Selain bisa pesan Hotel di Traveloka, Traveloka users juga bisa booking Villa, Apartemen, Resort, Glamping dan akomodasi privat lainnya di menu Holiday Stays di aplikasi Traveloka.

Jika Anda penasaran untuk mengunjungi salah satu atau kedua tempat ini, berikut adalah 9 destinasi wisata menarik yang ada di Tawangmangu dan Pacet.

9 Destinasi Wisata Alam Menarik di Tawangmangu dan Pacet

1. Air Terjun Grojogan
Lokasi: Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Air terjun Grojogan terletak di lereng Gunung Lawu, sekitar 27 kilometer di sebelah timur dari pusat kota Karanganyar.

Terdapat sejumlah beberapa titik air terjun di kompleks air terjun Grojogan, dengan air terjun tertinggi memiliki ketinggian 81 meter.

Harga tiket masuk ke kompleks ini cukup terjangkau yakni hanya Rp 6.000. Tempat ini cocok sebagai destinasi wisata keluarga karena menyediakan wahana lain seperti kolam renang, taman satwa hutan, flying fox, jembatan gantung, dan gazebo.

Kompleks ini punya menyediakan sejumlah restoran, beberapa toko souvenir, dan tempat ibadah. Jika Anda lapar, Anda bisa mencicipi makanan khas Tawangmangu yakni sate kelinci di tempat ini.

2. Candi Cheto
Lokasi: Ceto, RT.01/RW.03, Cetho, Gumeng, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Candi Cetho merupakan tempat bersejarah yang terletak di lereng Gunung Lawu. Candi Hindu dan dibangun sekitar tahun 15 Masehi.

Untuk bisa masuk ke kompleks candi, Anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 2.500/orang. Candi ini beroperasi dari pukul 08.00 – 17.00.

Udara di sekitar candi cukup sejuk karena terletak di dataran tinggi dan panorama disana sangat indah. Jika Anda mengambil foto di lokasi ini dan mengunggahnya di media sosial, Anda dijamin akan semakin eksis.

Lokasi ini satu arah dengan Air Terjun Grojogan sewu, kemudian ada tanda yang menunjukan lokasi ke Candi Cheto.

3. Kebun Teh Kemuning
Lokasi: Sumbersari, Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Kebun teh Kemuning merupakan obyek wisata yang terletak di lereng Gunung Luwu.Rata–rata temperatur suhu di lokasi kebun teh ini sekitar 21,5 derajat celcius, sehingga sangat sejuk untuk dikunjungi

Kebun teh mulai buka untuk kunjungan wisatawan pada pukul 06.00 pagi hingga pukul 18.00 sore. Masuk ke kebun teh Kemuning tidak dikenakan biaya.

Anda hanya perlu membayara jikan ingin menggunakan fasilitas atau wahana yang ada seperti flying fox, susur sungai, menunggang kuda, hingga paint ball.

Bermalam di sekitar Kebun Teh Kemuning sangat direkomendasikan karena pemandangan matahari terbenam dari sini sangatlah ini. Anda bisa mencari hotel dan penginapan terdekat Jika ingin bermalam, bisa menyewa vila, glamping, atau resort terdekat melalui Traveloka.

4. Sakura Hills
Lokasi: Jalan Tawangmangu–Magetan, Cemoro Kandang, Kecamatan Tawangmangu

Sakura Hills mengusung konsep wisata ala Negeri Sakura dengan suasana Gunung Lawu.

Jika mengunjungi tempat ini, Anda dan keluarga akan disuguhkan dengan pemandangan indah pohon-pohon sakura dengan latar Gunung Lawu.

Sebagai hiasan, pengelola tempat ini membuat purwarupa dari bngunan-bangunan khas Jepang yang ikonik. Keunikan inilah yang membuat tempat ini cocok sebagai tempat wisata instagramable di Tawangmangu.

Pengelola tempat wisata ini juga menyediakan mobil Jeep untuk berkeliling.

5. Agrowisata Desa Nglurah
Lokasi: Jl. Candi Menggung Nglurah, Nglurah, Tawangmangu, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Bagi Anda yang suka dengan bunga anggrek, tempat ini wajib dikunjungi. Di tempat ini terdapat ratusan koleksi jenis bunga yang bisa Anda nikmati.

Ratusan jenis bunga atau kembang dikelola masyarakat di dusun tersebut. Hampir tiap rumah dan pekarangan warga, terlihat bermacam-macam jenis bunga.

Bunga-bunga ini juga ada yang dibudidayakan dan dijual. Bagi Anda penikmat bunga dan tanaman hias, Anda pasti akan betah berlama-lama di Agrowisata Desa Nglurah.

6. Panorama Petungsewu
Lokasi: Hutan Pace, Desa Sendi, Kecamatan Pacet, Mojokerto, Jawa Timur

Tempat wisata di Kecamatan Pacet ini juga merupakan wisata alam yang punya panorama alam yang sangat indah. Tempat ini semakin keren karena dilengkapi juga berbagai wahana permainan ekstrem.

Panorama Petung Sewu berada di puncak bukit. Untuk sampai ke tempat ini, Anda perlu menyusuri jalanan setapak yang membelah hutan selama sekitar 30 menit.

Begitu tiba di tempat ini, rasa lelah setelah mendaki bisa langsung hilang dengan panorama indah yang disuguhkan di sini.

Panorama Petung Sewu buka setiap harinya mulai dari pukul 08.00 hingga 16.00. Untuk harga tiket masuknya hanya Rp 10.000.

7. Puthuk Panggang Welut
Lokasi: Nogosari, Kecamatan Pacet, Mojokerto, Jawa Timur 61374

Puthuk Panggang adalah kawasan hutan konservasi yang dijadikan tempat wisata. Inovasi dari pengelola tempat ini menyulap tempat ini menjadi spot wisata kekinian karena di sini ada banyak spot untuk berfoto yang sangat instagramable.

Puthuk Panggang Welut hanya mengenakan biaya tarif masuk seharga Rp8.000 sampai Rp10.000 saja. Moms bisa datang ke sini mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.30 sore.

8. Air Terjun Surodadu
Lokasi: Dusun Mligi, Desa Claket, Pacet, Hutan, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur 61374

Air terjun Surodadu terbilang cukup terpencil. Untuk mencapai titik ini, Anda perlu melakukan pendakian terlebih dahulu kurang lebih selama 30-60 menit lamanya.

Tapi setelah melakukan perjalanan mendaki, rasa lelah Moms pasti akan langsung terbayar karena bisa menyaksikan panorama cantik yang dihadirkan dari air terjun ini. Aliran air terjun di sini semakin sejuk karena dikelilingi oleh pepohonan rindang.

9. Wisata Air Panas Padusan
Lokasi: Padusan, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia, 61374

Tempat wisata ini terletak di atas ketinggian 800 mdpl sehingga udaranya sangat sejuk. Suhu di sini rata-rata sekitar 20 derajat celcius.

Sesuai dengan namanya, wisata Pacet ini adalah wisata pemandian air panas yang lokasinya di bawah lereng gunung Welirang.

Dengan berendam air panas di pemandian ini, masyarakat setempat percaya kalau bisa menghilangkan berbagai macam penyakit yang ada pada tubuh.

Jika Anda tidak sabar menunggu liburan akhir tahun untuk bisa mengunjungi tempat-tempat indah di Tawangmangu ataupun Pacet tersebut, sah-sah saja kalau Anda memutuskan untuk liburan dan staycation dalam waktu dekat!(srv)

Exit mobile version