Lima Langkah Antisipasi Penipuan Piala Dunia 2022

Contoh-halaman-phishing

Contoh halaman phishing yang menawarkan untuk memenangkan 2 tiket FIFA. Foto : Kaspersky for indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Tidak ada acara publik besar tanpa para penipu, termasuk ajang besar Piala Dunia 2022 Qatar. Pakar Kaspersky juga menemukan halaman phishing yang menawarkan untuk memenangkan dua tiket ke Piala Dunia. Ini cukup populer di mana biasanya setiap pengguna menjadi pemenang yang ‘beruntung’ dengan yang terpilih hanya perlu membayar ongkos kirim.

Nah untuk menghindari menjadi korban penipuan, Kaspersky menyarankan pengguna untuk hati-hati. Berikut langkah antisipasinya

Pertama, lebih aman untuk memeriksa tautan sebelum mengklik. Arahkan kursor ke atasnya untuk mempratinjau URL, dan cari kesalahan eja atau penyimpangan lainnya.

Kedua, lebih baik tidak mengikuti tautan dari email sama sekali. Sebagai gantinya, Anda dapat membuka tab atau jendela baru dan memasukkan URL bank Anda atau alamat situs lainnya secara manual.

Ketiga, pertimbangkan jenis informasi apa yang diminta. Perusahaan yang sah tidak menghubungi Anda secara tiba-tiba melalui email yang tidak diminta untuk menanyakan informasi pribadi seperti detail perbankan atau kartu kredit, nomor jaminan sosial, dll. Secara umum, pesan yang tidak diminta dan mengajak Anda untuk ‘memverifikasi detail akun’ atau ‘memperbarui informasi akun harus diperlakukan dengan hati-hati.

Keempat, gunakan solusi keamanan yang andal, seperti Kaspersky, yang mengidentifikasi lampiran berbahaya dan memblokir situs phishing.

Kelima, pemeriksa tata bahasa dan ejaan (grammar spelling) adalah cara efektif untuk mengidentifikasi scammer. Kesalahan ketik dan tata bahasa yang buruk merupakan tanda bahaya. Begitu juga dengan ungkapan yang aneh atau sintaksis yang tidak biasa, yang mungkin dihasilkan dari email yang diterjemahkan bolak-balik melalui penerjemah beberapa kali. (aro)

Exit mobile version