Perencanaan Karier 10 Tahun ke Depan

Siti-Lasrohkah-Ayu-Dewi

Siti Lasrohkah Ayu Dewi. Foto : Dok pribadi For indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Kesuksesan dalam karier merupakan keidentikan dengan kesejahteraan dalam hidup. Kondisi kehidupan yang lebih baik dengan karier yang menjulang adalah impian semua orang dan sering kali menjadi tolak ukur kesuksesan seseorang.

Namun, tidak sedikit orang yang setelah bertahun-tahun justru kesulitan dalam mengembangkan karirnya. Itulah sebabnya pengetahuan dan perencanaan karier yang tepat di masa depan perlu ditetapkan sejak awal.

Langkah maju untuk merencanakan karir seperti apa yang diinginkan ke depan harus sudah terpikirkan oleh setiap orang. Untuk memudahkan perencanaan karir tersebut, ada beberapa langkah membuat perencanaan karir di antaranya ;

Memulai menyusun langkah perencanaan karier dengan menentukan visi dan misi

Langkah pertama adalah menentukan visi dan misi yang merujuk pada pandangan masa depan. Karier dan kehidupan seperti apa yang diinginkan selanjutnya strategi atau langkah apa yang harus dicapai demi terwujudnya karier dan kehidupan seseorang.

Mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri

Mengenal diri sendiri sangat sulit dilakukan. Karena seseorang akan terfokus pada kekurangan yang dimiliki namun tidak fokus untuk memaksimalkan kelebihan. Sebab, dengan usaha yang maksimal, lambat laun kekurangan yang dimiliki akan teratasi. Hal terpenting dalam langkah perencanaan karir ini adalah memaksimalkan potensi dan kemampuan yang menjadi kelebihan seseorang.

Mengevaluasi pencapaian diri

Fokus terhadap pencapaian yang sudah berhasil diraih. Seseorang perlu juga untuk menengok sejenak ke belakang untuk mengingat apa saja yang sudah dicapai dan diperoleh guna mempersiapkan karir ke depannya. Seseorang harus terus maju, jangan berfokus pada kegagalan tetapi menjadikannya sebagai pembelajaran dan evaluasi diri agar tidak terulang kembali di masa depan.

Meningkatkan keterampilan yang dikuasai

Keterampilan biasanya sejalan dengan minat. Mencatat keterampilan yang dikuasai dapat menjadi perencanaan karir di masa depan.

Mengikuti Passion

Dengan mengenali passion, akan membuat bahagia seseorang dalam menjalani pekerjaannya. Meskipun harus mengorbankan waktu hingga tenaga.

Mencermati tren/peluang karier di masa depan

Seseorang harus membaca ten karier masa depan, jangan sampai setelah menggeluti bidang karier yang ternyata ke depannya sudah tidak diperlukan lagi akibat tergilas kemajuan teknologi.

Merancang dan merealisasikan ‘Career Path’ secara konsisten

Langkah terakhir dalam perencanaan karir adalah merancang ‘career path’, dimana seseorang harus memulai memetakan strategi yang perlu dilakukan untuk meraih jenjang karir yang diinginkan. Setelah itu perlu merealisasikannya secara konsisten dan terus berusaha. (Siti Lasrohkah Ayu Dewi/srv)

Exit mobile version