Fungsi Set Top Box yang Harus Kamu Tahu

Set-Top-Box

Ilustrasi - Set Top Box

INDOPOS.CO.ID – Kamu yang saat ini sudah memasang set top box untuk TV analog di rumahnya, pasti sudah merasakan asyiknya menonton TV digital. Tayangan TV jadi jauh lebih jernih, saluran TV-nya juga jadi jauh lebih banyak. Sudah pasti, dengan adanya tayangan TV digital, kamu jadi terhindar dari rasa bosan.

Sebaliknya, kamu yang masih belum memasang set top box, pasti tak bisa menonton tayangan TV. Tentu saja demikian, sebab channel-channel TV analog, kini sudah ditutup. So, jika kamu ingin segera merasakan asyiknya TV digital, ayo segera pasang set top box. Kamu bisa membelinya secara online. Cari saja dengan kata kunci set top box Surabaya, set top box Jakarta, atau set top box mana saja di mana kamu tinggal. Nanti pasti kamu bakal dapatkan tempat jual set top box yang dekat dengan rumahmu.

Apa Sih Fungsi Set Top Box?
Jika kamu masih ragu untuk membeli set top box, ada baiknya kamu mengetahui apa fungsi dari set top box itu sendiri. Supaya kamu bisa yakin bahwa hanya dengan set top box-lah, TV analog yang ada di rumahmu bisa diubah jadi TV digital yang bisa menangkap siaran dari berbagai stasiun TV. Tak hanya dari stasiun TV lokal dan juga nasional, bahkan juga bisa menangkap sinyal TV digital dari luar negeri.

Jadi begini, set top box atau biasa disebut sebagai STB, ini merupakan sebuah perangkat yang biasa disebut dekoder. Kalangan lain ada yang menyebutnya sebagai receiver dan juga converter. Set top box ini adalah alat yang bisa mengkonversi jenis sinyal digital menjadi bentuk gambar dan juga suara. Tangkapannya akan ditampilkan pada TV analog yang kamu punya. Nah jadinya, siaran digital yang biasanya hanya bisa ditangkap oleh parabola, kini juga bisa ditayangkan di TV analog. Dengan hanya set top box saja, sinyal digital ini cukup ditangkap dengan antena TV UHF-VHF saja.

Asal kamu tahu, set top box yang juga banyak disebut sebagai set top unit, awalnya digunakan di televisi satelit dan juga tv kabel. Dengan adanya unit ini, TV satelit dan TV kabel jadi bisa menerima lebih banyak saluran daripada saluran TV konvensional.

Set top box mengandalkan komunikasi dalam bentuk dua arah. Jadinya pengguna bisa memanfaatkan banyak fitur menarik, termasuk fitur interaktif. Dan bahkan, termasuk juga saluran premium secara langsung dari berbagai perangkat dengan menggunakan akses Internet. Misalnya saja kamu yang jadi bisa memutar playlist lagumu dari akun Spotify yang biasanya diputar di hape; kamu bisa menonton tayangan Netflix dengan akunmu di TV; atau bahkan ada yang bisa chatting melalui media TV. Akses TV digital menjadi tidak terbatas berkat set top box dan juga jaringan internet yang kamu miliki. Jelas, semuanya tergantung pada fitur yang tersedia di set top box yang kamu beli.

Fungsi Set Top Box Beda Vs Fungsi Android TV Box
Nah ini yang harus kamu ketahui selanjutnya. Fungsi utama set top box adalah untuk mengubah TV analog menjadi TV digital. Jadinya kamu bisa menonton tayangan berbagai siaran TV Digital dari berbagai stasiun TV. Untuk hal tersebut, set top box dilengkapi perangkat digital DVB-T2 atau Digital Video Broadcasting – Terrestrial second generation, yang merupakan standar yang digunakan dalam penyiaran TV di Indonesia.

Selain hal tersebut, set top box hanya membutuhkan sambungan antena. Ketika kamu menggunakan koneksi internet, di mana set top box-nya punya fitur tersebut, jadilah set top box berfungsi ganda jadi Android TV Box. Di mana perangkat TV-mu jadi berperan sebagai Smart TV yang bisa mengakses berbagai macam aplikasi. Dari YouTube, kemudian Netflix, lalu TikTok, atau yang lainnya.

Perbedaan lainnya, set top box cukup menggunakan antena TV UHF-VHF saja. Nah Android TV Box perlu koneksi internet melalui jaringan WiFi atau juga kabel LAN.

Memilih Set Top Box Agar Fungsinya Maksimal
Berbagai jenis dan merk set top box kini membanjiri pasar elektronik. Kamu tentu harus jeli di dalam memilihnya. Tujuannya, supaya fungsi dari set top box bisa maksimal kamu dapatkan. Sebab memang tak semua set top box memiliki kualitas yang bagus. Untuk hal tersebut, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu jadikan acuan supaya kamu bisa mendapatkan set top box terbaik yang fungsinya bisa maksimal.

1.Bersertifikat Kominfo
Hal pertama yang harus kamu teliti tentu adalah sudah tersertifikasinya set top box tersebut oleh Kominfo. Kamu tahu sendiri, Kominfo kan merupakan badan yang mengatur regulasi mengenai siaran TV digital di Indonesia. Jika sudah mengantongi sertifikasi Kominfo artinya set top box tersebut aman kita gunakan.

2.Bertanda khusus
Dalam memilih STB, menurut Direktur Penyiaran Direktorat Jenderal PPI, dari Kementerian Kominfo, kita harus mencari set top box yang bertuliskan DVB-T2 di kemasannya. Atau yang bertuliskan Siap Digital. Atau juga yang bergambar MODI. Hal tersebut bisa menjadi jaminan dari keamanan produk set top box yang kita beli.

3.Sesuaikan dengan kebutuhan
Untuk yang satu ini dimaksudkan pada pemilihan sesuai kebutuhan kita. Misalnya dari kemampuan kita membeli atau budget dana. Bisa disesuaikan juga dari kebutuhan akan fitur-fitur yang disediakan set top box tersebut. Apakah hanya sebatas menangkap tayangan TV digital atau mungkin juga bisa digunakan sebagai Android TV Box yang bisa digunakan mengakses berbagai layanan berbasis internet.

4.Cari reviewnya
Untuk tips terakhir, jelas, hal ini supaya kita bisa mengetahui kualitas set top box yang kita beli. Misalnya dari kemudahan pemasangan, kenyamanan remote, akses ini itu, atau juga kelengkapannya. Tentunya, banyaknya review positif akan membuat kita membeli yang terbaik dengan harga yang terbaik pula.

Itu dia fungsi dari set top box dan berbagai halnya yang berkaitan dengan fungsi set top box tersebut. Bagaimana, sudah siap menjadikan TV analogmu menjadi TV digital? Ayo beli set top box sekarang juga. Jika belum punya uang, mudah saja, kamu bisa memanfaatkan pinjaman online bunga rendah dari Shopee, namanya Spinjam.

Menggunakan Spinjam, pengajuannya mudah, dan kamu bisa mendapatkan dana pinjamannya hingga Rp12 Juta, cair hari ini pula. Tunggu apa lagi?!(srv)

Exit mobile version