Kolaborasi Nemo dan Sandhy Sondoro Hadirkan Lagu ‘Tak Buat Peta’

sandi

Sandhy Sondoro (tengah) bersama duo Nemo vokalis Fanidio Miraldi (kiri) gitaris Raja Ronaldo (kanan) dan vokalis Foto: Rachman/INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Nemo dan Sandhy Sondoro menghadirkan lagu ‘Tak Buat Peta’ sebagai single kolaborasi. Lagu ini merupakan karya Nemo yang diciptakan oleh Raja Aulia Ayatullah alias Rajaronaldo.

Pertemuan Band asal Kota Samarinda Nemo dan Sandhy Sondoro ini berawal ketika Nemo mengikuti audisi.

“Intinya setelah pandemi ini era-nya untuk berkolaborasi. Sekitar 2,5 tahun ini ada pandemi, ya siapa sih gak depresi, harus ada sinergi, banyak input dan belajar sesuatu yang baru dari generasi di bawah saya,” ujar Sandhy, kepada media, Jumat (27/1/2023).

Menurutnya, Nemo sudah keren. Bahkan ia yakin mereka bisa goyang 1 stadion. Potensi lagu lagunya layak jadi single.

Sandhy Sondoro, musisi yang memulai karier musiknya di Jerman terkenal dengan menyanyikan lagu-lagu bergenre soul, blues dan akustik. Ia banyak menerima penghargaan dari dalam negeri maupun luar negeri karena lagunya yang luar biasa.

Pada 2007, ia memberanikan diri untuk ikut di ajang kompetisi bernyanyi serupa American Idol di Jerman. Meski hanya berhasil menembus lima besar, nama Sandhy sudah terlanjur populer.

Bahkan, nama Sandhy sudah tak asing terdengar di dunia hiburan Eropa. Kemudian kesuksesan Sandhy juga sampai ke telinga penikmat musik jazz dan soul di Indonesia hingga akhirnya ia melebarkan ‘sayapnya’ untuk bernyanyi di Indonesia.

Sandhy mengaku, lagu ‘Tak Buat Peta’ merupakan lagu yang Indonesia banget dan lurus tidak terlalu banyak variasi dan tetap asyik dinikmati penikmat musik.

“Nemo tuh duo sejak 2016. Singkat cerita, kita ikut kompetisi duet bareng Bang Sandhy. Karena emang seneng banget, kita ter-influence dari jenis musik dan suaranya. Awalnya sih ada perasaan diterima apa gak ya lagu gue? Ya udah dengerin aja dulu sama Bang Sandhy, senenglah kita garap bareng, prosesnya 4-5 jam kita nonstop jadi lagunya,” beber Duo Nemo yakni sang gitaris Raja Ronaldo dan sang vokalis Fanidio Miraldi.

Dalam prosesnya, lagu tersebut dibantu oleh David Frederick Djalung pada piano, drum serta string section, Glory Sariang pada bass. Sedangkan untuk mixing dan mastering dipercayakan kepada Dimas Pradipta di sumit studio.

Adapun ‘Tak Buat Peta’ pertama kali dirilis di kanal youtube Nemo official pada 20 Januari 2023 dengan menggandeng Passe Production untuk membuat video klipnya.

“Lagunya tuh universal sebenarnya, bisa hubungan suami dan istrinya, orang tua ke anak dan seterusnya, ya tetap ada kenangan lah kurang lebih meski sudah gak sejalan,” kata Raja dan Dio.

Sementara itu, Reza Purnama yang dipercaya jadi leader di manajemen baru Sandhy Sondoro mengatakan Nemo band yang cukup nge top di Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur dan sangat sering tampil di Jakarta.

Secara rilis Nemo feat Sandhy Sondoro awalnya masih di Kalimantan termasuk ke radio-radio, sementara untuk promo lagu ke radio-radio di Jakarta direncakan pada awal Februari mulai promo dengan ngumpul bareng Music Director radio-radio di Jakarta.

“Sekaligus memperkenalkan manajemen baru Sandhy Sandoro yakni ‘Malam Biru Creative’ yang salah satu musisi Nemo serta musisi belia genre jazz, yakni Alana di bawah manajemen kami,” kata Reza.

Untuk sementara dari manajemen promo Nemo feat Sandhy Sondoro baru di media sosial sebelum nantinya full di awal Februari.

“Masukan dari teman-teman ya ada warna barulah di situ ada struktural pop nya Nemo serta vokal khas Sandhy Sondoro yang sudah lebih dahulu dikenal. Semoga karya kali ini bisa dinikmati penikmat musik Tanah Air,” pungkasnya. (rmn)

Exit mobile version