Sebelum Beralih ke Asuransi Kesehatan Keluarga, Pastikan Dulu untuk Pertimbangkan 4 Hal Penting Ini

Ilustrasi asuransi keluarga

Ilustrasi. Freepick

INDOPOS.CO.ID – Demi memaksimalkan layanannya agar sesuai dengan kebutuhan nasabah, banyak perusahaan asuransi yang melakukan inovasi terhadap produk yang ditawarkannya. Salah satu contohnya adalah produk asuransi kesehatan yang secara khusus dirancang untuk memberi perlindungan terhadap seluruh anggota keluarga.

Manfaat perlindungan tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengajukan asuransi kesehatan keluarga. Sesuai namanya, produk asuransi ini memberi manfaat perlindungan terhadap pihak pemilik polis beserta keluarganya. Umumnya, perlindungan dari asuransi kesehatan keluarga bisa didapatkan oleh pihak suami, istri, dan maksimal 2 atau 3 anak untuk melengkapi proteksi dari BPJS Kesehatan.

Walaupun memberi manfaat proteksi yang lebih optimal dan praktis melindungi, selaku nasabah Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih produk asuransi ini. Pasalnya, jika sampai salah memilih layanan, bukan tidak mungkin manfaat perlindungan yang diberikan tidak sesuai dengan kebutuhan Anda bersama keluarga.

Nah, sebelum memutuskan untuk menjadi nasabah asuransi kesehatan keluarga, ini 4 hal yang penting untuk dipertimbangkan agar bisa mengoptimalkan manfaat proteksi yang diberikannya.

1. Sesuaikan dengan Jumlah Anggota Keluarga yang Ditanggung
Kebanyakan perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi kesehatan keluarga hanya memberikan manfaat perlindungannya terhadap maksimal 4 anggota keluarga termasuk pemilik polis. Artinya, produk asuransi ini hanya ideal memberikan proteksi terhadap suami, istri, dan juga 2 anaknya.

Walaupun begitu, ada juga sejumlah perusahaan asuransi yang memberi pertanggungan hingga 5 anggota keluarga atau lebih. Tapi biasanya produk yang ditawarkannya memiliki biaya premi yang sedikit lebih mahal. Sebaliknya, ada pula yang hanya menyediakan perlindungan hingga maksimal 3 anggota keluarga saja dengan beban premi lebih ekonomis.

Mengetahui hal tersebut, sesuaikan produk asuransi kesehatan keluarga yang dipilih dengan jumlah anggota keluarga yang ditanggung. Dengan begitu, Anda bisa memastikan jika manfaat perlindungan dari produk asuransi tersebut sesuai kebutuhan dan mendapatkan biaya premi paling terjangkau.

2. Perhatikan Biaya Premi Asuransi yang Dibebankan
Agar bisa mendapatkan manfaat perlindungan dari produk asuransi yang diajukan, Anda diharuskan untuk membayar biaya preminya dengan rutin sesuai ketentuan. Jika sampai pembayaran premi tersebut tersendat, apalagi sampai macet dan tertunggak, nasabah juga tidak akan bisa mengajukan klaim ketika mengalami risiko yang ditanggung asuransi.

Oleh karena itu, mengetahui jumlah biaya premi dari asuransi kesehatan menjadi faktor yang penting untuk diperhatikan. Pastikan jika kondisi keuangan Anda mampu menjangkaunya agar terhindar dari risiko menunggak pembayaran premi.

Di samping itu, bandingkan besaran biaya premi yang diberikan oleh beragam perusahaan asuransi berbeda, beserta cakupan manfaat perlindungan yang dijanjikan. Pasalnya, tidak jarang karena persaingan bisnis yang ketat, beberapa perusahaan asuransi memberikan biaya premi terjangkau untuk manfaat perlindungan yang lebih lengkap. Jadi, agar bisa mendapatkan produk asuransi kesehatan keluarga yang terbaik, jangan ragu untuk melakukan survei dan perbandingan layanan dari perusahaan asuransi berbeda.

3. Pastikan Proses Klaim Asuransi Kesehatan Keluarga Mudah dan Simpel
Tips lainnya, usahakan untuk meminta informasi secara lengkap, detail, dan menyeluruh dari penyedia asuransi terkait langkah serta proses mengajukan klaim manfaat asuransi kesehatan keluarga. Mintalah penjelasan mengenai apa saja prosedur yang perlu dilakukan untuk bisa melakukan klaim proteksi asuransi saat anggota keluarga memerlukan perawatan medis.

Umumnya, klaim asuransi ini hanya bisa didapatkan ketika nasabah melakukan proses pengobatan di rumah sakit rekanan perusahaan asuransi. Ketika proses pengobatan dilakukan di rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang bukan rekanan, biasanya pengajuan klaimnya akan ditolak.

Karenanya, penting bagi Anda untuk menanyakan pula daftar rumah sakit rekanan perusahaan asuransi dan pastikan lokasinya mudah untuk dijangkau. Hal ini juga akan membuat proses pengajuan klaim asuransinya menjadi lebih lancar dan jauh dari risiko penolakan.

4. Cek Kelengkapan Manfaat Perlindungan yang Diberikan
Tips yang terakhir, pastikan jika produk asuransi yang diajukan memberi manfaat perlindungan yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan seluruh anggota keluarga Anda. Hal ini termasuk juga pada kisaran biaya pertanggungan yang diberikan, dan jenis penyakit atau masalah kesehatan yang dijamin perlindungannya.
Kalaupun ada anggota keluarga dengan kondisi kesehatan khusus, seperti memiliki penyakit kronis atau penyakit bawaan, informasikan hal tersebut ke pihak penyedia asuransi.

Tujuannya untuk memastikan jika penyakit tersebut termasuk pada daftar perlindungan asuransi. Jika diharuskan untuk membayar biaya tambahan agar bisa mendapatkan proteksi terhadap penyakit tersebut, hal ini lebih baik dilakukan demi memaksimalkan perlindungan kesehatan terhadap keluarga Anda.

Jangan Sembarangan Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga
Itulah 4 hal yang penting untuk dipertimbangkan saat memilih produk asuransi kesehatan keluarga. Utamanya, sesuaikan manfaat perlindungan yang diberikan oleh produk asuransi ini dengan kebutuhan Anda bersama anggota keluarga lainnya dan pastikan biaya preminya terjangkau. Dengan begitu, perlindungan medis terhadap orang tercinta akan lebih terjamin tanpa membuat kondisi keuangan kewalahan. (ibs)

Exit mobile version