Siloam Sediakan Layanan Gratis Skrining Kanker Payudara

Caroline-Riady

Deputy President Director Grup RS Siloam, Caroline Riady saat memberikan keterangan kepada media, usai acara peluncuran rangkaian program SELANGKAH (SEmangat LAwan KAnker) di sepanjang tahun 2023, di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi Conference Room, Jakarta, Selasa (7/3/2023). Foto: RS Siloam

INDOPOS.CO.ID – Grup RS Siloam meningkatkan komitmen pelayanannya dengan menyediakan layanan gratis untuk skrining kanker payudara terhadap para wanita di seluruh Indonesia yang memiliki keterbatasan akses.

Data Kemenkes tahun 2022 menunjukkan, angka kejadian penyakit kanker di Indonesia sebesar 136 orang per 100 ribu penduduk atau berada pada urutan ke-8 di Asia Tenggara. Dari segi jenisnya, kanker payudara merupakan kanker yang paling banyak ditemukan di dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Menurut data The Global Cancer Observatory, sebanyak 17 persen dari seluruh kasus kanker merupakan kanker payudara dan angka kematian global akibat kanker payudara mencapai 7 persen di tahun 2020. Di Indonesia, kanker payudara menyebabkan 10 persen kematian pada seluruh penderita kanker.

Selain kurangnya akses terhadap pengobatan terhadap kanker, terdapat beberapa faktor lain seperti kurangnya kesadaran masyarakat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara reguler, rasa takut melakukan skrining, serta kurangnya tenaga ahli juga menjadi faktor penyebab.

Mengingat pentingnya dilakukan deteksi dini untuk kanker payudara, Grup RS Siloam mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung kegiatan ini. Program layanan skirining kanker payudara gratis ini dimulai pada 7 Maret 2023.

Seluruh stakeholders dapat berpartisipasi dalam program ini dengan berbagai cara, di antaranya Adopt a Village, Berdonasi untuk Wanita Indonesia, Melindungi Karyawan dan Keluarga, serta hal lainnya, seperti mendukung kegiatan operasional dari segi penyediaan peralatan.

Deputy President Director Grup RS Siloam, Caroline Riady mengatakan, letak geografis 41 RS Siloam yang berada di 20 provinsi di Indonesia menempatkan Grup RS Siloam dalam posisi strategis untuk menyediakan layanan skrining kanker payudara ini.

Kompetensi tenaga medis dan fasilitas yang tersedia di RS Siloam memampukan pihaknya untuk melakukan deteksi dini dan mendukung terciptanya layanan pengobatan kanker yang berkelanjutan.

“Namun demikian, tanggung jawab ini bukanlah tanggung jawab satu pihak saja,” ujarnya, dalam acara peluncuran rangkaian program SELANGKAH (SEmangat LAwan KAnker) di sepanjang tahun 2023, di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi Conference Room, Jakarta, Selasa (7/3/2023)

Oleh karena itu, pihaknya mengundang pihak terkait untuk dapat mengambil bagian secara langsung dalam kampanye SELANGKAH ini. Dalam hal ini pihaknya mengajak bersama-sama bergerak untuk membuat perubahan nyata untuk wanita-wanita di Indonesia.(ibs)

Exit mobile version