Catat, Ini Cara Cegah Tubuh Lemas saat Puasa

Jam-di-atas-piring

Ilustrasi jam di atas piring menunggu waktu buka puasa. (Freepik)

INDOPOS.CO.ID – Umat muslim bakal menjalani puasa selama satu bulan. Perlu diketahui ada hal-hal yang bisa membantu beradaptasi dan membuat badan terasa bugar selama Ramadan. Salah satunya, memperhatikan konsumsi air putih.

Menurut Tirta Mandira Hudhi atau sapaan karibnya dr Tirta, komposisi tubuh seseorang itu tersusun dari cairan yang berbentuk air putih. Ia menekankan, tidak berlebihan maupun kekurangan.

“Pertama, minum air putih secukupnya. Tetap sesuai dengan kebutuhan masing-masing,” kata dr Tirta dalam kanal YouTube miliknya Tirta PengPengPeng dilihat, Rabu (22/3/2023).

Ia memberikan metode konsumsi air minum yang tepat bagi kebutuhan tubuh seseorang. Caranya satu gelas air mineral dikalikan dengan berat badan.

“Karena saya berat badannya 66 kilogram, butuh sekitar 1,8 liter sampai 2 liter,” ujar dokter nyentrik yang lantang saat penanganan Covid-19 itu.

“Saya minum pertama sebelum sahur, terus makan pas sahur, (sebelum) salat subuh. Kemudian buka puasa satu gelas, pas salat tarawih dan sebelum tidur,” tambahnya.

Selain itu, jika hendak membatalkan puasa dahulukan minum air putih dan disusul dengan makanan atau minuman manis, kurma misalnya.

“Batalkan lah minum air putih dulu, setelah itu baru cari minuman manis atau makan kurma. Itu paling benar karena kurma dan madu mengandung energi yang cukup bagi tubuh,” jelas dr Tirta.

Bagi yang menjalankan ibadah puasa, maka cara tersebut bisa dilakukan agar puasa dan ibadah lainnya tetap berjalan lancar, kesehatan tubuh tentu harus selalu dijaga.(dan)

Exit mobile version