Pertunjukan Sudamala Kolaborasi ‘Satu Dalam Cita’ Akan Digelar di Solo

Pertunjukan Sudamala Kolaborasi 'Satu Dalam Cita' Akan Digelar di Solo - Sudamala - www.indopos.co.id

Produser acara dan perwakilan sponsor foto bersama usai konferensi pers pertunjukan Sudamala di Jakarta, Selasa (23/5/2023). Foto: Istimewa

INDOPOS.CO.ID – Titimangsa akan kembali hadir bersama Katadata dan Pura Mangkunegaran Solo untuk menampilkan pertunjukkan Sudamala kolaborasi ‘Satu dalam Cita’ dengan didukung oleh BCA.

Ini setelah sukses menyelenggarakan pementasan teater tradisi Sudamala: Dari Epilog Calonarang di Gedung Arsip Nasional, Jakarta pada tahun lalu.

Produser acara Sudamala, Nicholas Saputra dan Happy Salma, telah berbincang dengan Gde Bayu Putra selaku produser pendamping acara, untuk membawa pementasan teater tradisi Sudamala ke luar Jakarta.

“Kami bertiga sepakat untuk dapat kembali menyelenggarakan pertunjukan Sudamala di Solo, tepatnya di Pura Mangkunegaran,” ujar Nicholas Saputra dan Happy Salma, dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (23/5/2023).

Dipilihnya tempat ini karena sangat ideal berhubung memiliki nilai sejarah yang tinggi dan sangat terbuka untuk menerima berbagai bentuk kebudayaan yang beragam dan dari wilayah yang berbeda.

“Pada prinsipnya, masyarakat Jawa dan Bali berasal dari akar (roots) yang sama. Di Mangkunegaran sendiri, di era Eyang Buyut saya, KGPAA Mangkunegara VII, banyak sekali dibangun hubungan kebudayaan dengan kerajaan-kerajaan di Bali pada sekitar tahun 1930-40-an,” kata KGPAA Mangkoenagoro X.

CEO & Co-Founder Katadata, Metta Dharmasaputra mengatakan, sebagai perusahaan media berbasis data, Katadata memiliki tanggung jawab untuk turut menumbuhkan spirit keberagaman, serta mengembangkan dan melakukan literasi budaya kepada publik.

“Kolaborasi pertama Katadata dengan Pura Mangkunegaran terjadi saat melaksanakan Adeging Pura Mangkunegaran pada Maret lalu, yang juga menampilkan Happy Salma dalam pembacaan Babad Mangkunegaran,” tutur Metta.

Sementara itu, EVP Corporate Communication and Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn menjelaskan, keikutsertaan Bank BCA didasari oleh semangat untuk ikut melestarikan budaya nusantara.

“Kami sangat bangga karena dipercaya untuk ambil bagian dalam kolaborasi ‘Satu dalam Cita’, yang meliputi pementasan Epilog Calonarang Sudamala, Pasar Kangen, dan Royal Heritage Dinner,” kata Hera.

Sebagai perbankan nasional, BCA berkomitmen untuk turut berkontribusi memelihara dan merayakan seni dan budaya, karena keduanya memainkan peran yang sama vitalnya seperti perbankan dalam membentuk kehidupan dan peradaban yang dinamis dan inklusif.

Chief Marketing Officer OPPO Indonesia, Patrick Owen mengatakan, ini merupakan dukungan OPPO yang berkelanjutan bagi pertunjukan Sudamala. Melihat kesuksesan tahun lalu, pihaknya antusias dengan pertunjukan tahun ini yang akan diadakan di salah satu tempat historis Indonesia.

“OPPO berharap bisa terus berkolaborasi dengan berbagai pihak dan terus melakukan inovasi untuk menghadirkan teknologi yang mendukung penggunanya,” tutur Patrick.

Richard Aditya, Director of West Indonesia, Grab Indonesia mengatakan, Grab sangat senang bisa kembali berkolaborasi dengan Titimangsa untuk menghadirkan pementasan Sudamala: Dari Epilog Calonarang kali ini.

“Grab berharap dapat mendukung perekonomian lokal melalui pementasan ini,” katanya. (rmn)

Exit mobile version