Ini Solusi Mengatasi Gangguan Denyut dan Irama Jantung

Ini Solusi Mengatasi Gangguan Denyut dan Irama Jantung - denyut jantung - www.indopos.co.id

Ilustrasi gangguan denyut dan irama jantung. Foto: Dok. Siloam Hospitals

INDOPOS.CO.ID – Alat pacemaker atau alat pacu jantung umumnya membutuhkan semacam kabel untuk menghubungkan alat tersebut dengan baterai-nya agar alat tersebut berfungsi dengan baik.

Ada beberapa jenis model alat pacemaker, ada yang bersifat sementara dan ada yang permanen. Untuk saat ini sudah ada pacemaker yang ukurannya hanya sebesar kapsul obat, tanpa kabel dan diletakkan di dalam bilik jantung. Dari segi ukuran, alat ini pun tergolong mini.

Apakah semua gangguan denyut dan irama jantung memerlukan pacemaker? Tentu tidak. Diperlukan pemeriksaan seorang dokter ahli guna memastikan perlu atau tidaknya, serta jenis pacemaker apa yang akan digunakan.

Di acara jumpa media yang diselenggarakan Siloam Hospitals Lippo Village pada Rabu (24/5/2023), dokter spesialis (intervensi) jantung, Dr. dr. Antonia Anna Lukito, Sp.JP(K), FIHA memaparkan beberapa informasi terbaru perihal gangguan denyut dan irama jantung serta adanya alat pacu jantung nirkabel berukuran mini ini.

“Pada kesempatan ini kita ingin memperkenalkan pacemaker berukuran mini dan tanpa kabel, dan sudah tentu lebih nyaman bagi pasien,” ujarnya.

dokter spesialis (intervensi) jantung, Dr. dr. Antonia Anna Lukito, Sp.JP(K), FIHA. Foto: Istimewa

Ia juga menjelaskan beberapa kelebihan dari pacemaker mini ini, di antaranya aman ketika pasien melalui medan magnet atau metal detector, serta follow up tidak terlalu sering yaitu antara 6-12 bulan dengan berat hanya 1,75 gram.

Tahun 2023 ini, di Siloam Hospitals Lippo Village sudah memasang beberapa alat pacu jantung mini ini kepada pasien.

“Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan informasi kepada masyarakat luas bahwa alat pacu jantung mini tanpa kabel kini sudah tersedia dan bisa dipasang oleh tim spesialis jantung kami di Siloam Hospitals Lippo Village,” kata Executive Director Siloam Hospitals Lippo Village, Jennifer Hendra.

Head of Business Development Siloam Hospitals Lippo Village, Alexander Mutak menyebutkan, edukasi dan sosialisasi kepada rekan-rekan jurnalis ini merupakan program rutin untuk memperkenalkan beberapa layanan medis terbaru yang ada di Siloam Hospitals Lippo Village.

“Tema acara berkaitan dengan layanan medis oleh tim spesialis jantung, yaitu alat pacu jantung mini nirkabel yang sudah tersedia di rumah sakit kami. Hubungi spesialis jantung Anda di Siloam Hospitals Lippo Village jika memerlukan informasi dan penjelasan lebih lanjut,” bebernya. (rmn)

Exit mobile version