Mayoritas Gen Z dan Milenial Suka Fast Food dan Minum Kopi

Mayoritas Gen Z dan Milenial Suka Fast Food dan Minum Kopi - fast food makanan cepat saji - www.indopos.co.id

Ilustrasi makanan siap saji atau fast food. (Freepik)

INDOPOS.CO.ID – Hasil survei dari perusahaan riset berbasis digital, Populix mengemukakan laporan minat dan perilaku Gen Z dan milenial Indonesia dalam mengkonsumsi makanan dan minuman. Sebagian besar lebih suka membeli makanan dari luar rumah.

Dalam seminggu, Gen Z dan Milenial dapat membeli makanan 1-3 kali (63 persen) secara offline, dan dapat memesan makanan secara online minimal 2-3 kali dalam sebulan (21 persen) hingga 2-3 kali dalam seminggu (25 persen).

“Saat ini Gen Z dan Milenial mayoritas lebih menyukai membeli makanan di luar baik secara online, takeaway, ataupun dine-in dibandingkan memasak makanan sendiri atau memakan masakan di rumah,” kata Co-Founder dan CEO Populix, Timothy Astandu dalam keterangannya, Jakarta, Sabtu (3/6/2023).

Berdasarkan survei yang dilakukan pada 3.138 Gen Z dan Milenial, 57 persen responden mengatakan membeli makanan secara online,

Membeli makanan secara offline-takeaway (57 persen), memasak makanan sendiri (49 persrn), membeli makanan secara offline-dine in (46 persen), dan memakan makanan yang sudah tersedia di rumah (41 persen).

“Gen Z dan milenial selalu ter-update informasi promo atau makanan viral melalui media sosial,” ujar Timothy.

Faktor-faktor pertimbangan dalam memilih tempat kuliner bagi Gen Z dan Milenial adalah harga (85 persen), menu (78 persen), jenis makanan (71 persen), dan kualitas layanan (58 persen).

Selanjutnya faktor yang menentukan dalam membuat keputusan memilih tempat kuliner adalah promo diskon harga (65 persen), tempat terdekat (61 persen), rate tertinggi (terenak/terpopuler) (57 persen), tempat termurah (52 persen), dan tempat terlaris (47 persen).

Produk kuliner yang paling sering dibeli adalah fast food (63 persen), produk siap makan/ minum (57 persen), makanan buatan rumah (33 persen), produk siap masak (32 persen), produk frozen (31 persen), dessert (29 persen), produk freshmade (20 persen), dan healthy food (19 persen).

Berdasarkan jenisnya, makanan tradisional Indonesia merupakan makanan yang paling disukai (44 persen). Fusion Indonesia dengan Asian (17 persen), dan fusion Indonesia dengan western (16 persen).

Dari segi minuman, kopi (39 persen) adalah minuman yang paling sering dibeli oleh Gen Z dan Milenial. Disusul oleh boba drink/minuman kekinian (24 persen) dan teh (20 persen). (dan)

Exit mobile version