Catatkan Rekor MURI, 1.056 Mobil Mercy Parade di Lintasan Sirkuit Sentul

merci

Mercedes-Benz Club Indonesia (MB Club INA) berhasil mencatatkan sejarah di ajang Indonesia Auto Speed Festival (IASF) 2023 di Sirkuit Internasional Sentul, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Sabtu (2/9/2023). Foto: MB Club INA

INDOPOS.CO.ID – Mercedes-Benz Club Indonesia (MB Club INA) berhasil mencatatkan sejarah di ajang Indonesia Auto Speed Festival (IASF) 2023 di Sirkuit Internasional Sentul, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Sabtu (2/9/2023).

Sejarah itu diukir melalui pemecahan rekor MURI berupa parade 1.056 kendaraan Mercy dari beragam varian di lintasan sirkuit Sentul.

Tajuk rekor yang dicatat MURI adalah Victory Lap oleh Mobil Satu Merek Terbanyak.

Secara simbolis, mobil yang mengikuti parade, dilepas terlebih dulu oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) Bambang Soesatyo dengan didampingi Presiden Mercedes-Benz (MB) Club Indonesia, I Made Yoga Mahardhika beserta jajaran.

Mobil yang dilepas pada pagi, antara lain dikendarai pembalap Tomi Hadi, Ade Hendra dan Arie Aumos. Sedangkan parade 1.056 mobil dilakukan sore hari.

Yoga Mahardhika mengatakan, peserta yang ambil bagian di parade mayoritas berasal dari Jabodetabek. Namun dari luar kota juga terlibat, seperti Medan, Padang, Surabaya hingga Bali.

“MB Club INA membawahi 112 klub dan mobilnya dari seluruh tipe, mulai klasik sampai generasi terbaru. Kita semua kumpul di sini untuk mengikuti parade sekaligus pemecahan rekor MURI,” kata Yoga Mahardhika didampingi Executive Vice President 3 (In Charge of Event Development) Yoga Erando dan Head of Comunication Affairs Divison, Jhoni Afrizal Gumay.

Dia bercerita, mulanya pengurus menargetkan parade hanya 500 kendaraan saja. Namun setelah informasi disebar melalui grup WA dan media sosial, hanya dalam dua minggu, peminatnya membludak.

“Respons mereka sangat positif untuk datang ke acara. Mereka ingin jadi bagian sejarah untuk mencatatkan rekor MURI,” ujar Yoga.

Mengenai mobil klasik yang terlibat, pihaknya memastikan kendaraannya sangat terawat, sehingga tak menimbulkan polusi udara.

“Dengan adanya acara seperti ini bisa menjadi ajang silaturahmi antar anggota. Banyak hal positif yang kita dapatkan, semua member berkumpul untuk mempererat tali silaturahmi karena ini tidak boleh putus,” terang Yoga.

Sementara itu di sela-sela kegiatan IASF 2023, juga dilakukan pelantikan pengurus MB Club INA periode 2023-2025.

Seluruh jajaran pengurus yang dipimpin Yoga Mahardhika dipanggil satu persatu naik ke atas panggung untuk dikukuhkan oleh Bambang Soesatyo.

Mereka merupakan perwakilan dari klub-klub di bawah MB Club INA yang berjumlah 112 klub.

Selain menggelar IASF 2023 bekerjasama dengan Jakarta Storm Speed (JSS), dan Gazpoll Racing Team, MB Club INA juga berencana menyelenggarakan Jambore Nasional (Jamnas) pada pertengahan November 2023 mendatang.

Untuk venue Jamnas, pihaknya membuka bidding bagi daerah yang bersedia menjadi tuan rumah.

“Bagi regional area yang mengajukan tuan rumah Jambore silakan. Bidding dalam 10 hari kedepan,” tutur Yoga.

Sementara itu, Bambang Soesatyo mengapresiasi gelaran IASF 2023 yang disebutnya sebagai kegiatan otomotif terbesar tahun ini.

Sebab di dalamnya terdapat beragam kegiatan, tak hanya parade mobil Mercy, tapi juga pameran otomotif lain.

Selain itu, IASF tidak hanya menyuguhkan adu kencang di lintasan atau sebatas dunia motorsport. Namun juga dibalut dengan kegiatan gathering antar komunitas otomotif dan pegiat balap, autosport entertainment, kuliner dengan mengajak UMKM berpartisipasi, bursa aksesori dan onderdil, camper van di sekitar lintasan dengan penyediaan pitch/lahan campervan. Tidak kalah menarik, adu kinclong atau auto contest (vote by guest) dari display mobil berkategori klasik-retro.

“Saya senang dan bangga, semua guyup di sini, tidak ada perbedaan di antara kita. Semua kumpul tanpa memandang jabatan dan gelar. Kalau bisa, kegiatan seperti ini dibikin rutin agar persahabatan kita tetap terjalin,” kata Bambang Soesatyo.

Pria yang juga menjabat Ketua MPR RI ini berharap, IASF 2023 diharapkan jadi pemula, bukan yang pertama dan terakhir dan bahkan bisa diikuti klub-klub otomotif lain untuk menggelar kegiatan serupa. (ibs)

Dewan Kehormatan, Dewan Pembina dan Pengurus Mercedes-benz Indonesia masa bakti 2023-2025 berfoto bersama, di Sirkuit Internasional Sentul, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Sabtu (2/9/2023). Foto: MB Club INA

Dewan Kehormatan, Dewan Pembina dan Pengurus Mercedes-benz Indonesia masa bakti 2023-2025

Ketua Dewan Kehormatan
BAMBANG SOESATYO

Wakil Ketua Dewan Kehormatan
AHMAD SAHRONI

Anggota Dewan Kehormatan
NARAYANA SOEDEWO

Ketua Dewan Pembina
RADITYA G WARDHANA

Anggota Dewan Pembina
BAMBANG HARIADI
TUBAGUS SYAMSUL HIDAYAT
RIDWAN POHAN
DHARMA ADSASMUDA
ADITYA ADINATHA
RHEINNO P SOUFYAN
DODDY MOEDJITO
DEDI RAHMADI
IDHAM SYEWKET ADNAN
MAHAR MALINO
CECEP FAJAR

President: I MADE YOGA MAHARDHIKA

Senior Executive Vice President: AFIANSYAH HARAHAP

General Secretary: MUKHWAN HARIRI

Treasurer: HERMAWAN ARIYANTO

Executive Vice President 1 (In Charge of Organization, Monitoring, Legal and Information Technology): Tb NAUDI TIRTA SETIANEGARA

Vice President Organization: MUHAMMAD ZAMZAMI

Vice President Legal and Information Technology: WILDAN MUTAQIN

VP Motor Sport: TOMI HADI

Vice President of Motor Event Management: ADE HENDRA N

Vice President of Touring: ANDRIAN EFFENDI NST

Vice President Organization Social Responsibility (OSR) and Emergency Response: HERRY PRIYONO

Executive Vice President 3 (In Charge of Event Development): YOGA ERANDO

Vice President Event: JOSEPH SOBANDI

Vice President Production: GAMMAR IRZANDI

Vice President Non-Automotive Event: YUNARDI NOVRIANSAH

Vice President Non-Automotive Event Management: ARISANDHY YUNANTIO N

Deputy Non-Automotive Event: KURNIAWATI

Executive Vice President 4 (Koordinator Regional Sumatera, Banten, Jakarta/Metro DKI Jakarta dan Jawa Barat): KAMAL AKHYAR

Vice President Regional Sumatera
BUDHI IMANDA

Vice President Regional Jawa Barat: ASEP TAUFIK HIDAYAT

Vice President Regional Metro: DIMAS NURFIANSYAH

Vice President Regional Banten: KOPPA KEPLER

Executive Vice President 5 (Koordinator Regional Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan dan Sulawesi): HARY SASONO

Vice President Regional Daerah Istimewa: ENDRO BAYU KUSUMO

Vice President Regional Jawa Tengah: A.M YUSUF SIRADJ

Vice President Regional Jawa Timur – Bali: MESSIE YOGA

Vice President Regional Kalimantan – Sulawesi: RUSLAN ABDUL RAHMAN

Head of Comunication Affairs Divison: JHONI AFRIZAL GUMAY

Deputy Design Content: PRAMADYA HARDANI

Deputy Social-Media and Publications: ARIEF MIZAN

Exit mobile version