Grup RS Siloam Komitmen Capai Industri Kesehatan Berkelanjutan

ilustrasi nakes

Ilustrasi. (Freepik)

INDOPOS.CO.ID – Grup RS Siloam menunjukkan komitmennya dalam mencapai industri kesehatan yang berkelanjutan dengan menandatangani pakta keberlanjutan pada ajang Indonesia Sustainability Forum 2023 pada kamis (7/9/2023).

Di Indonesia, dari segi regulasi, pemerintah telah menunjukkan komitmennya terkait upaya berkelanjutan, termasuk untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mengurangi emisi karbon. Sebagai penyedia layanan kesehatan swasta terluas di Indonesia, Grup RS Siloam berada di posisi yang tepat untuk mendukung program pemerintah dalam hal bisnis berkelanjutan.

Adapun acara ini terbagi menjadi beberapa sesi besar dengan topik seputar praktik dan strategi keberlanjutan di Indonesia. Grup RS Siloam mendapat kehormatan untuk diundang ke acara ini dalam sesi tematik dengan tema besar Nature Conservation: Biodiversity Protection for Today & Future Generations.

Grup RS Siloam yang diwakili oleh Managing Director, Caroline Riady menjadi salah satu panelis dalam acara ini. Dalam sesi ini, juga hadir Deputi Manajemen Lingkungan dan Perhutanan Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi RI, Presiden Direktur AstraZeneca Indonesia, dan Presiden Direktur Kalbe Farma.

“Kami berterima kasih kepada para penyelenggara karena telah mengundang kami menjadi salah satu panelis dalam acara ini. Usaha keberlanjutan dan rumah sakit merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, baik dari unsur lingkungan, sosial, maupun tata kelola,” kata dia.

Grup RS Siloam, lanjut Caroline, melalui 41 RS-nya yang tersebar di 23 provinsi di Indonesia, senantiasa mengupayakan usaha-usaha berkelanjutan dalam penyediaan layanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

Selama ini, Grup RS Siloam sudah melakukan berbagai inisiatif untuk mengurangi total emisi yang dikeluarkan per tahunnya, di antaranya dengan mengkonversi seluruh penerangan di area dengan lampu LED, serta melakukan retrofit pada unit pendingin ruangan di seluruh Rumah Sakit (RS) Siloam.

Melalui upaya-upaya ini, Grup RS Siloam dapat mengurangi emisi karbon hingga 3.500 ton per tahun dan berhasil mengurangi intensitas emisi sebesar 1,2 kilogram per hari rawat inap pasien pada tahun 2022.

“Penandatangan pakta keberlanjutan yang dilakukan bersama dengan pelaku usaha lain ini merupakan bentuk kolaborasi bersama, serta cerminan komitmen Grup RS Siloam untuk mendukung pemerintah dalam mencapai Indonesia yang lebih baik di masa depan,” tuturnya. (ibs)

Exit mobile version